Daftar Objek Wisata kota Bogor

Ayoooo Berkunjung ke Bogor :D

Dikota Bogor yang sebagai kota kelahiran saya banyak tempat wisata yang bisa dikunjungin :) dan berikut ini dafta-daftar tempat wisata yang bisa kita kunjungi di Bogor :)

Sumber : http://www.kotabogor.go.id , wonderfull indonesia / http://www.indonesia.travel/

1. Puncak Bogor
 

Jika Anda bosan dengan rutinitas sehari-hari dan berkelut dengan suasana kota yang pengap dan sibuk, cobalah melarikan diri ke tempat yang sejuk, hijau dan hening yang akan membuat Anda merasa segar, bahagia dan santai. Untuk mendapatkan suasana damai ini, Anda tidak perlu jauh-jauh, khususnya bagi Anda yang tinggal di ibu kota Jakarta yang sudah tidak diperbincangkan lagi .

Puncak Bogor

Jika Anda bosan dengan rutinitas sehari-hari dan berkelut dengan suasana kota yang pengap dan sibuk, cobalah melarikan diri ke tempat yang sejuk, hijau dan hening yang akan membuat Anda merasa segar, bahagia dan santai. Untuk mendapatkan suasana damai ini, Anda tidak perlu jauh-jauh, khususnya bagi Anda yang tinggal di ibu kota Jakarta yang sudah tidak diperbincangkan lagi bahwa Jakarta adalah kota yang penuh sesak. Di jalan menuju kota Bandung, terdapat alam elok nan permai, bertemankan suasana hening dan udara sejuk. Luasnya perkebunan teh yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda terhampar seperti karpet berwarna hijau. Karena suasananya yang permai inilah, maka mereka yang mempunyai penghasilan berlebih berlomba-lomba membangun villa sebagai tempa melepas penat.

Puncak Bogor

Puncak adalah nama sebuah daerah wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur. Daerah ini sudah sangat terkenal baik bagi wisatawan domestik maupun wiasatawan mancanegara. Keindahannya bahkan membuat terpukau Presiden Soekarno sehingga ia membangun sebuah restoran untuk menikmati keindahan alam Puncak yang kemudian diberi nama Restoran Riung Gunung.

Selain pemadangannya yang elok, puncak juga menawarkan beberapa wisata yang patut Anda kunjungi antara lain: Taman Safari, Kebun Bunga, dan sebuah Masjid yang indah dengan arsitektur yang khas dan sederhana yaitu Masjid Atta’awun.

Akomodasi

Puncak Bogor

Terdapat banyak villa yang bisa Anda sewa di kawasan puncak bogor, hotel dan penginapan juga tersedia untuk tempat peraduan sementara Anda. Berikut ini beberapa hotel yang bisa Anda sambangi:

Permata Alam Hotel
Jl. Raya Puncak Km. 83 Cisarua-Bogor.
Tel. 0251-255447 / 254916

Safari Garden Hotel
Jl. Raya Puncak Km. 80 Cisarua-Bogor.
Tel. 0251-253000 / 253555

Cisarua Indah Hotel
Jl. Raya Puncak Km.

Kegiatan

Puncak BogorPuncak merupakan tempat di mana kita bisa melihat keindahan kota bogor terutama pada malam hari. Pada sore hari kita bisa bersantai sambil melihat sunset berwana jingga diupuk barat. Pada malam hari selain melihat kota bogor dari puncak, Anda juga bisa mampir di warung-warung pinggir jalan sambil menikmati beberapa makanan ditemani dinginnya angin yang membelai kulit.

Anda juga bisa menyambangi

Puncak merupakan tempat di mana kita bisa melihat keindahan kota bogor terutama pada malam hari. Pada sore hari kita bisa bersantai sambil melihat sunset berwana jingga diupuk barat. Pada malam hari selain melihat kota bogor dari puncak, Anda juga bisa mampir di warung-warung pinggir jalan sambil menikmati beberapa makanan ditemani dinginnya angin yang membelai kulit.

Anda juga bisa menyambangi tempat wisata menarik lainya seperti:

Kebun Teh Gunung Mas
Puncak BogorKawasan kebun teh ini sudah terkenal sejak dulu sebagai daerah penghasil teh utama di Jawa Barat. Kawasan ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara. Di tempat ini, Anda dapat melihat proses produksi teh dari pemetikan teh hingga menjadi daun teh kering siap konsumsi. Aktivitas berjalan kaki mengelilingi kebun teh ini merupakan pengalaman yang menyenangkan dan dapat merelaksasi suasana hati yang tegang dengan kesibukan sehari-hari di Jakarta. Saat yang paling menyenangkan adalah ketika saat panen daun teh telah tiba.

Transportasi

Puncak BogorAnda bisa menggunakan bis dari terminal kampung rambutan jurusan jakarta-bandung, Jakarta-Garut, Jakarta, Tasikmalaya dan Jakarta-Sumedang yang melalui Puncak Bogor.

Akses yang paling mudah adalah dengan menggunakan mobil pribadi atau sewaan.

Kuliner

Restoran Rindu Alam terletak di Puncak Pass. Berbagai sajian kuliner nusantaranya yang istimewa menjadi hidangan yang nikmat, di tengah dinginnya suhu di bagian tertinggi di kawasan Puncak ini. pemandangan alam yang indah akan semakin lengkap seraya ditemani oleh hangatnya muniman yang menghangatkan tubuh Anda.

Rumah Makan Mirasa, rumah makan ini berada di kiri jalan menuju Puncak menu andalanny

Restoran Rindu Alam terletak di Puncak Pass. Berbagai sajian kuliner nusantaranya yang istimewa menjadi hidangan yang nikmat, di tengah dinginnya suhu di bagian tertinggi di kawasan Puncak ini. pemandangan alam yang indah akan semakin lengkap seraya ditemani oleh hangatnya muniman yang menghangatkan tubuh Anda.

Rumah Makan Mirasa, rumah makan ini berada di kiri jalan menuju Puncak menu andalannya Ikan Gurami Bakar.

Rumah Makan Dulang di Jl.Raya Puncak Tugu Km. 83,7 Bogor menu adalanya Gurami Terbang, Kangkung Terasi Hotplate, dan Sambal Dadakan.

Rumah Makan Mirasari berada di jalan Raya Puncak No. 238, Cibogo, Cipayung – Bogor  ini terkenal akan sajian Nasi Goreng Kencur-nya.

Rumah Makan Bumi Aki jalan Raya Ciloto, Puncak No. 59 terkenal dengan sajian satenya.

Dimalam hari Anda juga bisa menyambangi warung-warung di pinggir jalan Puncak Bogor untuk menikmati hangat dan enaknya jangung bakar.

2. Istana Bogor

Istana Bogor Tampak Depan

Berawal dari keinginan orang – orang Belanda yang bekerja di Batavia ( kini Jakarta ) untuk mencari tempat peristirahatan. Karena mereka beranggapan bahwa kota Batavia terlalu panas dan ramai, sehingga mereka perlu mencari tempat – tempat yang berhawa sejuk di luar kota Batavia.
Gubernur Jendral Belanda bernama G.W. Baron van Imhoff, ikut melakukan pencarian itu dan berhasil menemukan sebuah tempat yang baik dan strategis di sebuah kampung yang bernama Kampong Baroe, pada tanggal 10 Agustus 1744.
Setahun kemudian, yaitu pada tahun 1745 Gubernur Jendral van Imhoff ( 1745 – 1750 ) memerintahkan pembangunan atas tempat pilihannya itu sebuah pesanggrahan yang diberi nama Buitenzorg, ( artinya bebas masalah / kesulitan ). Dia sendiri yang membuat sketsa bangunannya dengan mencontoh arsitektur Blenheim Palace, kediaman Duke of Malborough, dekat kota Oxford di Inggris. Proses pembangunan gedung itu dilanjutkan oleh Gubernur Jendral yang memerintah selanjutnya yaitu Gubernur Jendral Jacob Mossel yang masa dinasnya 1750 – 1761

Dalam perjalanan sejarahnya, bangunan ini sempat mengalami rusak berat sebagai akibat serangan rakyat Banten yang anti Kompeni, di bawah pimpinan Kiai Tapa dan Ratu Bagus Buang, yang disebut Perang Banten 1750 – 1754.

Pada masa Gubernur Jendral Willem Daendels ( 1808 – 1811 ), pesanggrahan tersebut diperluas dengan memberikan penambahan baik ke sebelah kiri gedung maupun sebelah kanannya. Gedung induknya dijadikan dua tingkat. Halamannya yang luas juga dipercantik dengan mendatangkan enam pasang rusa tutul dari perbatasan India dan Nepal.
Kemudian pada masa pemerintahan Gubernur Jendal Baron van der Capellen ( 1817 – 1826 ), dilakukan perubahan besar – besaran. Sebuah menara di tengah – tengah gedung induk didirikan sehingga istana semakin megah, Sedangkan lahan di sekeliling istana dijadikan Kebun Raya yang peresmiannya dilakukan pada tanggal 18 Mei 1817.
Gedung ini kembali mengalami kerusakan berat, ketika terjadi gempa bumi yang pada tanggal 10 oktober 1834.

Pada masa pemerintahan Gubernur Jendral Albertus Yacob Duijmayer van Twist ( 1851 – 1856 ), bangunan lama sisa gempa dirubuhkan sama sekali. Kemudian dengan mengambil arsitektur eropa Abad IX, bangunan baru satu tingkat didirikan. Perubahan lainnya adalah dengan menambah dua buah jembatan penghubung Gedung Induk dan Gedung Sayap Kanan serta Sayap Kiri yang dibuat dari kayu berbentuk lengkung. Bangunan istana baru terwujud secara utuh pada masa kekuasaan Gubernur Jendral Charles Ferdinand Pahud de Montager ( 1856 – 1861 ). Dan pada pemerintahan, selanjutnya tepatnya tahun 1870, Istana Buitenzorg ditetapkan sebagai kediaman resmi para Gubernur Jendral Belanda.

Akhir perang dunia II, Jepang menyerah kepada tentara Sekutu, kemudian Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Barisan Keamanan Rakyat ( BKR ) sempat menduduki Istana Buitenzorg untuk mengibarkan bendera merah putih. Istana Buitenzourg yang namanya kini menjadi Istana Kepresidenan Bogor diserahkan kembali kepada pemerintah republik ini pada akhir tahun 1949. Setelah masa kemerdekaan , Istana Kepresidenan Bogor mulai dipakai oleh pemerintah Indonesia pada bulan Januari 1950.
Kepustakaan dan Benda Seni

Istana Kepresidenan Bogor mempunyai koleksi buku sebanyak 3.205 buah yang daftarnya tersedia di kepustakaan istana. Istana ini menyimpan banyak benda seni, baik yang berupa lukisan, patung, serta keramik dan benda seni lainnya. Hingga kini lukisan yang terdapat di istana ini adalah 448 buah, dimana judul/nama lukisan itu, pelukisnya, tahun dilukisnya, tersedia dalam bentuk daftar sehingga memudahkan siapa saja yang ingin memperoleh informasi tentang lukisan tersebut. Begitu pula halnya dengan patung dengan aneka bahan bakunya. Di istana ini terdapat patung sebanyak 216 buah.
Di samping lukisan dan patung, Istana Bogor juga mengoleksi keramik sebanyak 196 buah. Semua itu tersimpan di museum istana, di samping yang dipakai sebagai pemajang di setiap ruang/bangunan istana.

Istana Bogor memiliki luas areal 28 Ha.

3. Wisata Air Terjun

Sebagai pecinta air terjun, berikut ini saya tuliskan 10 air terjun terdekat yang hanya ditempuh mulai dari 1 jam saja dari Jakarta. Penulisan diurutkan mulai dari jarak terdekat dan waktu tempuh yang paling singkat. Alhamdulillah, hampir semuanya telah saya kunjungi.

1. Curug  Bojong Koneng-Sentul (waktu tempuh 1 jam)

Curug ini adalah curug yg paling dekat dari Jakarta, terletak di desa Bojong Koneng, sebuah desa dibelakang perumahan mewah Sentul City. Untuk mencapai curug ini dengan kendaraan pribadi bisa melewati jalan tol jagorawi dan keluar di pintu tol sentul city lalu masuk ke kawasan perumahan mewah tersebut menuju perkampungan warga yang terletak di belakang kompleks. Jika bingung, bisa bertanya pada warga sekitar tentang keberadaan curug Bojong Koneng.  Bila menggunakan kedaraan umum, kita bisa mencapainya dengan bus jurusan sentul city dari terminal blok-m lalu disambung dengan ojek. Trek sejauh 1 km harus kita lalui untuk mencapai curug indah ini,jangan khawatir karena treknya tidak sulit dan dapat dilalui oleh orang tua dan anak-anak dengan pamandangan sawah yang indah. Untuk menikmati curug indah dengan kolam berair bening dibawahnya pengunjung hanya dikenakan retibusi Rp.5.000.

2. Curug Panjang Mega Mendung (waktu tempuh 1 jam 15 menit)

curug panjang

Curug panjang adalah curug keluarga, karena karakteristik curugnya yang landai dengan beberapa kolam jernih sebagai tempat bermain bagi anak-anak. Belum lagi fasilitasnya yang sangat terawat dan pengamanannya yang terjamin. Untuk mencapai curug inipun sangat mudah, cukup mengarahkan mobil ke arah puncak, dan dikiri jalan akan kita temui masjid Mega Mendung, lalu belokkan mobil ke jalan disamping masjid tersebut. Dari titik ini kamu cukup ikuti petunjuk jalan yg akan mengarahkanmu ke curug panjang. Tak hanya curug, wisata curug panjang pun menyediakan fasilitas wisata lainnya yaitu perkemahan dan pemancingan. Retribusi yang dikenakan untuk masik ke kawasan ini pun cukup murah, hanya Rp.6.000 termasuk asuransi.

3. Curug Naga Mega Mendung (waktu tempuh 1 jam 15 menit)

curug naga

Tak banyak yang mengetahui keberadaan curug ini karena memang belum seterkenal curug cilember ataupun curug panjang. Namun siapa sangka bahwa curug ini letaknya bersebelahan dengan kawasan wisata curug panjang. Bahkan air terjunnya pun berasal dari aliran air yang sama dengan curug panjang. Namun berbeda dengan curug panjang yang cocok untuk keluarga, curug naga cocok untuk para pecinta tantangan karena kita harus menyusuri sungai sepanjang 100 meter untuk mencapainya. Belum lagi untuk mencapai curug selanjutnya kita lalui dengan melompat dari atas curug. Meski keselamatan dijamin penuh, tetap saja curug ini tidak cocok bila membawa anak-anak ataupun orang tua. Untuk berwisata ke curug inipun tidak seperti kawasan wisata lain, setidaknya kita harus reservasi terlebih dahulu dan mengambil pilihan paket wisata yang telah ditentukan. Dan biasanya yang datang ke curug ini adalah rombongan gathering. Tapi bagi perseorangan pun bisa mengunjungi wisata ini asal jangan dihari biasa karena tutup. Saya pernah datang sendirian ke curug naga dihari biasa, dan ternyata disana sangat sepi karena tutup.

4. Curug Cilember (waktu tempuh 1 jam 30 menit)

Dari sepuluh curug yang masuk daftar ini, saya kira curug cilember lah yang paling popular. Curug yang juga dikenal dengan nama curug tujuh ini telah dikenal lebih dulu sebagai wisata air terjun dikawasan puncak. Dikawasan ini terdapat tujuh air terjun dengan karakteristik yang berbeda-beda. Curug tujuh (terdekat dari pintu masuk) adalah curug yang paling ramai karena jangkauannya yang tidak sulit serta memiliki kolam besar dibawah curugnya yang kembar. Curug 6,5 dan seterusnya baru bisa kita nikmati setelah melakukan trekking menanjak dikawasan tersebut. Yang menarik, di kawasan ini juga terdapat taman observasi kupu-kupu. Fasilitas disinipun cukup lengkap, bahkan pengelola menyediakan penginapan di dekat air terjun. Untuk menikmati sejuknya kawasan curug cilember dengan ke tujuh curug-nya yang indah kita cukup mengeluarkan Rp. 11.000 sebagai retribusi.

5. Curug Nangka (waktu tempuh 2 jam)

curug nangka

Kawasan wisata curug nangka memiliki alam yang sangat alami dan sejuk. Kealamian tempat ini terbukti dengan masih banyaknya monyet-monyet liar yang sering kali kita temui, bahkan monyet-monyet tersebut akan datang menghampiri kita jika kita menyebar makanan sebagai umpan. kawasan wisata ini memliki 3 curug,  2 diantaranya memiliki ketinggian kurang dari 10 meter dengan kolam berair jernih dibawahnya yang bisa kita jadikan tempat bermain air. Kawasan ini juga cocok untuk keluarga, terutama bagi keluarga kecil yang ingin mengenalkan alam sejak dini bagi anak-anaknya. Tapi bagaimanapun, harus tetap berhati-hati.  Untuk menikmati segarnya alam curug nangka, Rp. 7500 harus kita keluarkan sebagai retribusinya.

6. Curug Luhur (waktu tempuh 2 jam)

curug luhur

Curug luhur terletak di lalulintas jalan raya Bogor – Gunung salak Endah. Letak yang relatif mudah dijangkau inilah yang menjadikan ramainya curug luhur dikunjungi setiap saat. Jika menggunakan kendaraan umum rute yang harus ambil adalah Kampung Rambutan – Terminal Baranangsiang – Ramayana – Ciapus. Tips dari saya, ketika hendak menaiki angkot ke Ciapus sebaiknya anda bilang ke supir angkotnya kalau anda ingin ke Curug Luhur. Karena angkot trayek ini melewati 2 wisata curug sekaligus. Yaitu Curug Nangka dan Curug Luhur. Atau jika anda ingin berwisata ke curug ini menggunakan  kereta, anda turun di stasiun kereta bogor lalu naik angkot jurusan Ramayana dan disambung dengan angkot lagi tujuan Ciapus. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi perjalanan ke Curug luhur, bisa melalui beberapa alternatif jalan, salah satunya dapat melalui jalan raya Bogor kearah leuwiliang, belok di pertigaan Cikampak, dan menelusuri jalan menuju tenjolaya (Belok kiri terus), maka akan sampai di Curug Luhur. Di kawasan wisata curug luhur sudah dibangun banyak fasilitas serta kolam renang yang mengelilingi lokasi curug-nya yang kembar. Sayangnya Kolam renang yang dibangun sangat tidak teratur dan dibangun dengan konstruksi seadanya hingga membuat lokasi ini menjadi kurang indah dan meminimalisasi kealamian wisata curug. Di bawah curug terdapat kolam alami ber-air jernih, kolam Curug Luhur ini terhitung cukup lebar dan semakin mendekati curug semakin dalam, konon terdapat pusaran air dibawahnya yang mampu menyedot orang bila tidak berhati-hati.

7. Curug Cigamea (waktu tempuh 2 jam)

Curug Cigamea berlokasi di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor yang merupakan bagian dari kawasan wisata Gunung Salak Endah. Untuk menuju ke lokasi air terjun, pengunjung diharuskan berjalan kaki dari areal parkir, melalui jalan menurun +/- 350 meter. Selama dalam perjalanan, setidaknya tercatat tiga air terjun tambahan berada disisi kanan jalan. Masing-masing dengan ketinggan berkisar antara 5 hingga 10 meter namun dengan debit air yang kecil dan berada dibalik rimbunnya daun pepohonan. Kondisi jalan menuju lokasi berupa jalan setapak yang telah terbuat dari batu dan tersusun rapi dalam bentuk susunan anak tangga. Dibeberapa bagian jalan terdapat tempat peristirahatan, untuk melepas lelah sejenak sambil menikmati air terjun dari kejauhan. Curug Cigamea terdiri dari dua buah air terjun utama dengan karakter yang berbeda. Air terjun pertama yang lebih dekat dengan jalan masuk, berupa air terjun dengan tebing curam menyerupai dinding dan didominasi bebatuan warna hitam. Tipe air yang jatuh lebih bersifat percikan air yang langsung melimpah jatuh dari atas cukup deras meskipun nampak jelas tidak sederas/sebesar air terjun kedua. Hal ini pula yang menjadikan alasan kolam limpahan air yang berada dibawahnya tidak luas dan dalam, sehingga tidak bisa digunakan untuk berenang. Letaknya yang terbuka, memungkinkan pengunjung untuk berada disisi kiri dan kanan dari air terjun.

8. Curug Seribu (waktu tempuh 2 jam)

Curug seribu adalah air terjun terbesar yang ada dikawasan Gunung Salak Endah Bogor. Curug ini juga tergolong sulit dijangkau dengan trek menurun yang curam dan licin. Tapi justru disini lah tantanganya, kondisi yang sulit dijangkau justru membuat lokasi ini masih sangat alami tanpa sentuhan tangan manusia. Dan karena alasan yang sama, pengunjung yang datang pun tak seramai curug-curug lainnya hingga kita bisa menikmati keindahan alam di curug seribu ini dengan lebih leluasa namun tetap berhati-hati.

9. Curug Ciismun (waktu tempuh 2 jam)

Curug Ciismun merupakan salah satu air terjun cantik yang berada di kawasan Kebun Raya Cibodas, lokasinya akan lebih dekat bila ditempuh jika kita melewati pintu belakang Kebun Raya Cibodas, hanya sekitar 30 menit berjalan kaki. Curug ini memiliki ketinggian lebih dari 50 meter, lengkap dengan kolam kecil di bawahnya yang di penuhi dengan bebatuan. Untuk menikmati curug ini kita cukup mengeluarkan Rp. 6.000 sebagai retribusi. Tips ke Curug Ciismun Cibodas:

  • Masuk dan pulang lewat pintu masuk belakang yang dekat dengan pintu masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango agar trek menuju/pulang dari curug lebih dekat.
  • Bawa makanan dan minuman sendiri karena seperti halnya tempat wisata lain, harga makanan dan minuman menjadi lebih mahal. (co: pop mie 8.000)
  • Bila berkunjung di musim hujan, datanglah dipagi hari maksimal jam 9 untuk menghindari hujan yang biasanya turun pada siang hari.
  • Bawa payung dan gunakan rain cover pada daypack
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk trekking
  • Bawa plastik untuk pakaian basah
  • Bawa alas untuk sekedar duduk-duduk atau meletakkan tas

Biaya yang murah meriah:

  • Bus AC Kampung Rambutan – Cianjur PP 50.000 (kalau ekonomi +/- PP 30-40.000), turun di pertigaan Cibodas.
  • Angkot menuju Kebun Raya dari pertigaa PP 5.000
  • Tiket masuk Cibodas+PMI 6.000

10. Curug Cibeurem (waktu tempuh 2 jam)

Dari ke 10 curug, buat saya curug cibeurem inilah yang jadi juaranya. Curug ini terletak dikawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, butuh perjuangan dan tenaga ekstra untuk mencapai curug ini kareni kita harus melakukan trekking selama 1,5 jam dengan trek berbatu yang menanjak. Tapi tak perlu khawatir karena suasanya yang alami akan terus menjadi “multivitamin” tersendiri bagi kita. Belum lagi beberapa spot selama perjalanan yang sangat eksotis untuk berfoto, seperti spot telaga biru dan spot jembatan kayu yang dikelilingi ilalang setinggi 2 meter. Jika beruntung, selama trekking kita sesekali akan menemui owa jawa yang berhabitat di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

curug cibeurem 2

Sesampainya di curug cibeurem, kita seperti disuguhi air dingin setelah perjalanan gurun yang menyiksa. Ya, keindahan air terjun yang sungguh luar biasa akan membayar lunas semua perjuangan kita untuk mencapainya. Disini, terdapat 3 buah air terjun yang berjejer dengan latar belakang tebing tinggi. Masing-masing air terjun pun memiliki karakter tersendiri. Curug pertama memiliki ketinggian paling rendah sekitar 20 meter namun memiliki debit air paling deras. Curug selanjutnya memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter dengan curah air yang seakan bertingkat. Dan curug lainnya terletak agak tersembunyi dibalik pepohonan.

4. Kebun Raya Bogor

SEJARAH
Kebun Raya Bogor didirikan tanggal 18 Mei 1817 oleh Prof. Dr. C. G. C. Reindwart, seorang ahli botani berkebangsaan Jerman. Pada awalnya kebun ini bernama s’Lands Plantentuin te Buitenzorg, yang menjadi pusat introduksi berbagai tanaman ekonomi penting pertanian.
Kelapa sawit (Elaeis guinensis) adalah salah satu komoditi pertanian yang diintroduksi dari Afrika Barat ke Indonesia melalui Kebun Raya Bogor yang akhirnya menjadi induk kelapa sawitse-Asia Tenggara. Tanaman

LOKASI
Kebun Raya Bogor terletak di jantung Kota Bogor, Jawa Barat, sekitar 60 km arah tenggara Jakarta, ibu kota Republik Indonesia dengan alamat Jalan Ir. H. Juanda No. 13 Bogor, Jawa Barat.

KOLEKSI ANDALAN
Kebun Raya Bogor memiliki beberapa koleksi menarik yang diminati masyarakat, seperti Bunga Titan Arum (Amorphophallus titanum Becc.). Bunga dengan perbungaan terbesar di dunia ini tingginya bisa mencapai 3 meter. Pada saat mekar, ia menebarkan bau bangkai sehingga mengundang serangga untuk membantu penyerbukannya.
Sekitar 10.000 spesimen anggrek koleksi Kebun Raya Bogor ditampilkan di rumah anggrek yang dilengkapi sistem fogging sebagai pengatur kelembaban. Selanjutnya, terdapat pohon palem (Arecaceae), tanaman obat, buah-buahan langka, meranti (Dipterocarpaceae) dan kantung semar (Nephentaceae).
Koleksi unik lainnya, seperti pohon raja (Koompassia excelsa), teratai raksasa (Victoria amazonica) dan pohon-pohon tua seperti leci, randu dan jati, semakin melengkapi keragaman koleksi yang ada.

SPESIFIKASI HABITAT
Sebagai kebun raya yang memiliki tipe habitat dataran rendah basah, Kebun Raya Bogor terletak pada ketinggian 260 m d.p.l., dengan kelembaban udara 80 – 90% dan curah hujan 3.000 – 4.300 mm/tahun.

JUMLAH KOLEKSI
Dengan luas area sekitar 87 hektar, Kebun Raya Bogor memiliki koleksi tumbuhan sejumlah 13.697 spesimen, yang dikelompokkan ke dalam 3.441 jenis, 1.265 marga, dan 220 keluarga.


TEMPAT/BANGUNAN MENARIK
Selain koleksi tanaman tropis, Kebun Raya Bogor juga memiliki beberapa tempat dan bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Begitu memasuki gerbang utama Kebun Raya Bogor, tampak deretan pohon kenari (Canarium vulgare) di sebelah kiri dan kanan jalan. Pohon yang ditanam tahun 1831, 1834, dan 1835, berasal dari Sulawesi dan Maluku ini menimbulkan kesan tersendiri. Kemudian Taman Teysmann, sebuah taman bergaya formal yang dibangun tahun 1889 sebagai penghargaan kepada Johannes Teysmann, salah seorang kurator Kebun Raya Bogor yang banyak berkarya dalam bidang lansekap. Masih banyak tempat lain yang menarik, yaitu Taman Lebak Sudjana Kasan, Jalan Astrid, Taman Kaktus, juga Monumen J. J. Smith, Jembatan Gantung, Pohon Kalong, Kuburan Belanda, serta Monumen Lady Raffles adalah tempat yang jarang dilewatkan begitu saja.

INFORMASI PELAYANAN
Setiap pengunjung yang membutuhkan informasi tentang Kebun Raya Bogor dapat menghubungi Pusat Informasi. Beragan fasilitas sengaja disediakan untuk melayani pengunjung, seperti Cafe de daunan, guest house, penjualan tanaman, juga perpustakaan.
Kemudian Gedung Laboratorium Pendidikan Konservasi, Garden’s Gifts, wartel, herbarium dan koleksi biji serta sarana ibadah mesjid dan musola. Setiap pengunjung yang memiliki karcis masuk mendapat layanan asuransi jiwa.

JAM BUKA

Kebun 08.00 – 17.00  
Kantor 07.00 – 15.30
*
Informasi 08.00 – 16.00  
Perpustakaan 08.00 – 15.00 *
Rumah Kaca Anggrek 08.00 – 15.30  
Toko Tanaman & Cinderamata 08.00 – 15.30  
Cafe De’daunan 08.00 – 21.00  
Museum Zoologi 08.00 – 17.00  

* Khusus hari Jumat (08.00 – 16.00) Sabtu – Minggu dan hari libur tutup

HARGA TIKET MASUK
Mulai tahun 2008, tiket masuk Kebun Raya Bogor bersatu dengan tiket masuk Museum Zoologi Bogor. Dengan membeli satu tiket, Anda bisa mengunjungi Kebun Raya Bogor dan Museum Zoologi Bogor.

Pengunjung (dewasa/anak) : Rp. 9.500,-/orang
Keliling Kebun/Parkir Mobil (Roda 4) : Rp. 15.500,-
Parkir Motor (Roda 2) : Rp. 3.000,-

(Berdasarkan PP RI No, 75/2007)

Untuk pemesanan fasilitas  : Telp/Fax (0251) 8311362
Website : http://www.bogorbotanicgardens.org

konservasi

12.Museum PETA

Museum peta
 
Gedung yang difungsikan sebagai museum ini dibangun pada tahun 1745 oleh tentara Knil dengan gaya bangunan Eropa (Inggris). Pembangunan monumen dan Museum PETA (Pembela Tanah Air) atas prakarsa YAPETA (Yayasan Pembela Tanah Air) yang bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada mantan tentara PETA dan kontribusinya pada pendirian bangsa dan negara ini. Disamping untuk memberikan gambaran perjuangan kemerdekaan Indonesia dan persiapan dalam mengisi kemerdekaan tersebut.Persiapan pendirian museum dimulai pada tanggal 14 Nopember 1993  dengan peletakan batu pertamanya oleh Wakil Presiden RI, yang juga sesepuh YAPETA, yaitu Bapak Umar Wirahadikusumah.  Museum ini sebelumnya membaur dengan komplek zeni. Gedung ini diresmikan sebagai Museum yang didedikasikan untuk para prajurit PETA pada tanggal 18 Desember 1995 oleh H. M. Soeharto (Presiden RI ke II) juga sebagai mantan Perwira PETA angkatan I.Lokasi gedung  terletak sekitar 700m dari Istana Bogor. pada tahun 1943 gedung ini  digunakan sebagai pusat pelatihan pasukan tanah air (walaupun masih di bawah kontrol Jepang) . namun di kemudian hari , pasukan PETA sering mengadakan perlawanan ke pihak jepang . dan PETA ini lah yang akhirnya menjadi salah satu cikal bakal satuan yang bersatu membentuk BKR (lalu TKR dan lalu TNI) .
 
Tentara Peta merupakan tentara kebangsaan yang oleh pemimpin-pemimpin pergerakan kebangsaan Tanah Air saat itu dipersiapkan untuk menjadi tentara kebangsaan Negara Indonesia Merdeka. Di Kota Bogor inilah pertama kali diselenggarakan pembentukan taruna-taruna yang kemudian melahirkan perwira-perwira Tentara Sukarela Pembela Tanah Air, Tentara Kebangsaan Indonesia. Di bumi prajurit Pabaton Bogor inilah telah dibangkitkan jiwa keprajuritan kebangsaan Indonesia yang menggerakan setiap perwira Tentara Sukarela Pembela Tanah Air untuk dikemudian hari berperan didalam gerakan persiapan Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia sampai pada pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang menjadi cikal bakal Tentara Indonesia.
 
Kota Bogor inilah dahulu yang menjadi  pusat latihan tentara yang bernama Jawa Boei Giyugun Kanbu Kyo Iku Tai (Pusat Pendidikan Perwira Tentara Sukarela Pembela Tanah Air di Jawa). Sehingga pada tanggal 19 Oktober 1995, melalui surat keputusan DPRD Kotamadya Tingkat II Bogor Nomor.3/kep/DPRD/1995 telah menetapkan Bogor sebagai Kota Pembela Tanah Air (PETA).Hal tersebut semakin mengukuhkan Bogor sebagai bumi keprajuritan yang melahirkan perwira-perwira tangguh, yang kemudian berperan besar dalam gerakan persiapan menuju kemerdekaan bangsa Indonesia yang merupakan cikal bakal terbentuknya TNI.
Koleksi Museum
Seperti umumnya museum sejarah, penyajiannya dalam bentuk diorama. Museum Peta memiliki 14 diorama yang menceritakan tentang peristiwa pembentukan tentara Peta dan beberapa kontribusinya dalam proses pergerakan kebangsaan untuk mencapai kemerdekaan. Pada tanggal 3 Oktober 1943 bertempat dibekas Kesatriaan tentara KNIL/Belanda, Pabaton Bogor, sekarang menjadi Jl. Jend. Sudirman dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya pendidikan Perwira Tentara Sukarela Pembela Tanah Air.Koleksi yang ada di Museum Peta, terdiri atas:
Relief/Monumen, yang menceritakan dari awal terbentuknya tentara PETA dan terjadinya pertempuran tentara PETA melawan Penjajah.
Koleksi patung, perlengkapan perang, meriam, dan senjata lainnya
Diorama, sebanyak 14 buah, menggambarkan peristiwa/kegiatan yang dilakukan tentara PETA, yaitu:
Diorama     1    :     Kesepakatan tokoh-tokoh Bangsa Indonesia untuk mengupayakan berdirinya tentara   PETA (1943)
Diorama     2    :     Kegiatan Latihan Di Pusat Pendidikan Perwira Pembela Tanah Air Bogor (1943)
Diorama     3    :     Pembentukan Batalyon-Batalyon PETA di Daerah Jawa, Madura Dan Bali (1944)
Diorama     4    :     Pemberontakan PETA di Blitar (14 Pebruari 1945)
Diorama     5    :     Tipu Muslihat Katagiri Butaicho (Jepang) Terhadap Syodancho Muradi (15 Pebruari 1945)
Diorama     6    :     Peristiwa 16 Agustus 1945 di Kompi Pembela Tanah Air (PETA) Rengasdengklok
Diorama     7    :     Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 di Jln. Pegangsaan Timur 56, Jakarta
Diorama     8    :     Badan Keamanan Rakyat (BKR) Cikal Bakal TNI (22 Agustus 1945)
Diorama     9    :     Peristiwa Rapat Raksasa 19 September 1945 di Lapangan IKADA, Jakarta
Diorama    10    :     Peristiwa Serbuan Osha Butai Kota Baru oleh Pasukan BKR Yogyakarta (Oktober 1945)
Diorama    11    :     BKR Malang merintis Matra Kedirgantaraan dalam Pembentukan Kekuatan Bersenjata  Indonesia (Oktober 1945)
Diorama    12    :     Pemindahan Markas Angkatan Darat Jepang Di Jawa Timur Ke Tangan Bangsa Indonesia (Oktober 1945)
Diorama    13    :     Ambarawa Dan Lahirnya Hari Infantri TNI-AD (Angkatan Darat) (15 Desember 1945)
Diorama    14    :    Pemilihan Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat (12 November 1945)
 
13.Museum PerjuanganMuseum Perjuang Tampak Depan
 
Museum perjuangan Bogor didirikan melalui musyawarah para tokoh Pejuang Karesidenan Bogor yang meliputi Kota dan Kabupaten Bogor, Sukabumi, Cianjur dan Depok. Diprakasai dan diresmikan oleh Mayor Ishak Djuarsah PEKUMIL. Daerah Res. INF. 8 Suryakancana Devisi III Siliwangi, pada tanggal 10 Nopember 1957. Pendirian museum dmaksudkan untuk mewariskan semangat dan jiwa juang serta nilai – nilai ’45 kepada generasi sekarang dan yang akan datang.
Gedung yang digunakan sebagai museum, sebelumnya adalah  milik seorang pengusaha Belanda yang bernama Wilhelm Gustaf Wissner. Dibangun pada tahun 1879 yang pada awalnya digunakan sebagai gudang ekspor komoditas pertanian sebelum dikirim ke negara-negara di Eropa. Pada masa pergerakan gedung ini digunakan oleh PARINDRA pada tahun 1935  dengan nama gedung PERSAUDARAAN, dan digunakan sebagai tempat kegiatan pemuda dibawah panji-panji Kepanduan Indonesia yaitu Pandu Suryawirawan.
 
Pada tahun 1942 digunakan sebagai gudang tentara Jepang untuk menyimpan barang – barang milik interniran Belanda, kemudian digunakan untuk menyambut dan mempertahankan kemerdekaan RI pada tahun 1945. Diantara tahun 1945-1950 dipergunakan oleh KNI Karesidenan Bogor, Gelora Rakyat, Dewan Pertahanan Karesidenan Bogor, Call Sigen RRI Perjuangan Karesidenan Bogor, GABSI Cab. Bogor, dan Kantor Pemerintah sementara Kabupaten Bogor. Pada tahun 1052-1958 dimiliki dan ditempati oleh Umar Bin Usman Albawahab .Baru pada tanggal 20 Mei 1958 gedung ini dihibahkan dari pemiliknya yang terakhir yaitu Umar Bin Usman Albawahab menjadi Museum Perjuangan Bogor.
 
Koleksi Museum
Koleksi museum terdiri atas macam-macam senapan yang digunakan para pejuang saat merebut kemerdekaan, juga terdapat senapan hasil rampasan dari Jepang dan Inggris, mata uang serta  dilengkapi dengan diorama yang menggambarkan pertempuran di daerah Bogor dan sekitarnya. Selain itu, museum ini juga memiliki koleksi pakaian pejuang yang sebagian di antaranya memiliki noda darah asli.Lokasi: Jl. Jalan Merdeka No.56, Kelurahan Cibogor,
 
Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor 16124
 
museumperjuangan-2 museumperjuangan-3
 
14.Rancamaya
 
 
Nikmati nyamannya hidup Anda di tengah asrinya rerumputan nan hijau. Golf di Rancamaya merupakan sebuah keindahan yang layak disandingkan dengan berbagai tempat yang terkenal di dunia; seperti lapangan golf di Augusta dan St. Andrews. Lapangan golf membentang luas dengan18-hole, 72-par, dan 6,455-yard, yang sudah terselesaikan sejak tahun 1995.
 
 
Alamat : Jalan Rancamaya Utama, Ciawi – Bogor 16720
Telepon : (0251) 8242 282
Website :www.rancamaya.com
 
15.Batutulis
 
Prasasti Batu Tulis
 
Batu bertulis ini dibuat semasa pemerintahan Surawisesa (tahun 1521 s/d 1535) satu diantara putra dari Prabu Siliwangi Raja Pajajaran.
Di komplek Batutulis 54 terdapat 15 buah batu terasit yang terdiri dari 6 buah batu didalam Cungkup, 2 buah diserambi dan 6 buah di halaman.
 
Batu Tulis
Prasasti Batu tulis
Prasasti Batutulis terletak di Jalan Batutulis, Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Kompleks Prasasti Batutulis memiliki luas 17 x 15 meter. Prasasti Batutulis dianggap terletak di situs ibu kota Pajajaran dan masih in situ, yakni masih terletak di lokasi aslinya dan menjadi nama desa lokasi situs ini.[1] Batu Prasasti dan benda-benda lain peninggalan Kerajaan Sunda terdapat dalam komplek ini. Pada batu ini berukir kalimat-kalimat dalam bahasa dan aksara Sunda Kuno.
 
Batu bertulis ini dibuat pada masa pemerintahan Surawisesa (1521 – 1535) satu diantara putra dari Prabu siliwangi raja pajajaran. Di dalamnya terdapat 15 buah batu terasit yang terdiri dari 6 buah batu di dalam bangunan cungkup, 2 buah di serambi dan 6 buah di halaman. Prasasti ini berlokasi di Jl. Batutulis No. 54
 
16. Gedung Bakorwil
 
bakorwil2
 
Gedung Bakorwil didirikan pada sekitar abad XIX denagn fungsi sebagai Kepresidenan Hindia Belanda. Gedung ini memiliki bentuk bangunan Kolonial Belanda.
Bakorwil building was built in the century of approximately XIX with a function as a Residence of the Netherlands East Indies. This building has an architecture of the Colonial Dutch.
 
bakorwil3
 
17.Mesjid Raya Bogor
 
mesjid raya bogor

Mesjid Raya Bogor Mesjid Raya Bogor dibangun pada tahun 1970 selesai tahun 1979 dengan arsitek FX. Silaban dilengkapi dengan gedung Pusat pengembangan dan Pengkajian Islam Bogor dilengkapi dengan sarana perpustakaan umum.

Masjid ini berlokasi di Jl. Raya Pajajaran. Untuk mencapainya cukup mudah yaitu dengan berjalan kaki atau menggunakan angkutan kota dari terminal Baranang Siang.
Masjid ini adalah masjid yang terbesar di kota Bogor. Saat ini pemkot kota Bogor sedang merencanakan untuk melakukan renovasi masjid ini. Renovasi yang sudah selesai adalah pembangunan menara masjid yang jadi satu dengan gedung BAZIZ kota Bogor. Sementara untuk masjidnya sendiri belum tampak ada tanda-tanda pelaksanaan renovasinya.

Di manapun salah satu fungsi sampingan masjid adalah sebagai tempat beristirahat sejenak bagi para musafir. Di masjid ini pun demikian. Pun demikian dengan diriku yang sudah kelelalah dan ingin sejenak me-recharge tenaga.
Daya tampung masjid ini lebih luas dari Masjid Agung Bogor. Namun, masjid ini halamannya tidak memiliki pohon-pohon yang rimbu seperti Masjid Agung. Mungkin masih dalam perencanaan bersamaan dengan rencana renovasi masjid ini.

Bagi yang suka membaca, sambil beristirahat kita bisa membaca buku-buku yang disediakan di perpustakaan masjid ini. Berbagai macam buku agama ditata pada rak-rak yang rapi. Dan meja bacapun telah disediakan untuk memudahkan para pembaca. Lokasi perpustakaan ini berada di serambi masjid.

 
18. Gereja Katedhral
 
Gedung Gereja Kathedral

Awal sejarah berdirinya Gereja Katedral Bogor tidak bisa kita lepaskan dari peranan dua tokoh perintis umat kota Bogor, yaitu Mgr. AC. Claessens, Pr dan Pastor MYD Claessens, Pr.

Pada tahun 1881 Mgr. AC. Claessens membeli sebuah rumah dengan pekarangan yang cukup luas (sekarang meliputi kompleks Gereja, Pastoran, Seminari, Sekolah, dan Bruderan Budi Mulia). Semula tempat itu digunakan sebagai tempat peristirahatan dan Misa Kudus para tamu dari Jakarta. Namun, dengan dimilikinya rumah tersebut, juga menjadi awal umat Katolik memisahkan diri dari penggunaan Gereja Simultan/ekumene sebelumnya. Pada tahun itu pula pastor MYD. Claessen mulai menetap di Bogor.

Pada tahun 1886 MYD. Claessen memulai karya pastoralnya untuk mendirikan Panti Asuhan untuk anak-anak. Saat itu bangunan rumah Panti Asuhan tersebut baru bisa menampung 6 orang anak. Usaha pastoral itu kemudian di kembangkan hingga menjadi Yayasan Vincentius pada tahun 1887, sehingga pada tahun 1888 mendapat pengakuan dari Pemerintah Hindia-Belanda.

Pada tahun 1889 Pemerintah Hindia Belanda secara resmi mengakui dan menyatakan bahwa Bogor menjadi Stasi misi tetap Batavia. Tahun 1896 (setahun setelah Mgr. AC. Claessen meninggal), MYD. Claessens mulai membangun sebuah gedung Gereja yang megah di atas tanah yang didiaminya. Gereja itu yang hingga sekarang kita kenal dengan Gereja Katedral.

Pada tahun 1907 Pastor MYD. Claessens kembali ke Belanda setelah selama 30 tahun beliau berkarya di Bogor Jawa Barat, 27 tahun kemudian, tepatnya tahun 1934, beliau meninggal dalam usia 82 tahun. Semenjak kepergian Pastor Claessens, Stasi misi tetap Bogor ditangani oleh Pastor Antonius Petrus Fransiskus van Velsen, SJ. Tetapi pada tahun 1924 Pastor Antonius Van Velsen diangkat menjadi Vikaris Apostolik Batavia, sehingga Bogor yang saat itu sudah menjadi Paroki diserahkan kepada Pastor OFM Conventual.

Pada bulan November tahun 1957 Paroki Bogor dipisahkan dengan Vikariat Apostolik Batavia dan digabungkan dengan Prefektur Apostolik Sukabumi.
Pada tahun 1961 Prefektur Apostolik Sukabumi ditingkatkan statusnya menjadi Keuskupan dengan nama Keuskupan Bogor. Gereja Paroki Bogorlah yang dijadikan sebagai Gereja Katedral Keuskupan Bogor. Dengan demikian, Paroki Bogor namanya berubah menjadi Paroki Katedral Bogor

 
19.Makam Raden Saleh
 
Makam Raden Saleh
 
Makam mudah dicapai, dengan kendaraan umum roda empat, dan dilanjutkan masuk jalan (gang) kurang lebih 100 m. Lingkungan makam berbatasan dengan di  sebelah selatan jalan Raden Saleh (Jalan Pahlawan) di sisi selatan, di bagian barat dan timur berbatasan dengan rumah penduduk, dengan luas areal makam  ¼ hektar. Makam Raden Saleh berada di sisi Jalan Pahlawan, Desa Bondongan, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan dan terletak pada garis koordinat  106º 47′ 854″ BT dan  06° 36’592″ LS.Pada gerbang depan lahan terdapat 2 makam, yaitu makam Raden Saleh dan sisi timurnya terdapat makam istrinya, Raden Ayu Danurejo (putri patih dalam Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat). Ke dua makam pada sejajar dengan latar dinding peringatan Makam Raden Saleh yang dibangun pada tanggal 7 September 1953. Di belakang dinding latar terdapat 7 makam saudaranya.
 
Sekarang sedang dipugar lingkungan makam maupun latar dan di sekitar lokasi dibangun galeri untuk menyimpan/memamerkan lukisan hasil karya Raden Saleh. Pemugaran ini dilaksanakan oleh Proyek Pembangunan Fasilitas Publik  Makam Raden Saleh.Raden Saleh, seorang pelukis terkenal  yang pernah dilahirkan di negeri ini. Sebab di kota ini awal karirnya, berangkat dan di Bogor pula tempat peristirahatannya yang terakhir. Raden Saleh lahir tahun 1807 (1913) di Terboyo, Semarang, Jawa Tengah dan meninggal dunia di Bogor pada tanggal 23 April 1888. Raden Saleh keturunan keluarga Bupati terkenal dan salah seorang nenek moyangnya mungkin berasal dari Arab seperti ditunjukan oleh gelar  Syarief yang tertera dalam nama lengkapnya: Raden Saleh Syarief Bustaman. Pada sebagian masa kanak-kanaknya Raden Saleh diasuh oleh pamannya, Raden Adipati Sosrohadimenggolo, Bupati Terboyo, Semarang.
 
Ayahnya ialah Sayid Bin Alwi Bin Awal dan ibunya Raden Ayu Sarief Husen Bin Alwi Bin Awal.Raden Saleh adalah salah satu bukti pertama orang Indonesia yang menarik persona barat. Ia adalah pelukis pertama Indonesia yang memiliki pendidikan, pengalaman, dan nama yang oleh pemerintah Belanda benar-benar diakui. Karyanya banyak menghiasi museum-museum penting di dalam dan luar negeri. Dari beberapa raja-raja yang berkuasa di Eropa, ia mendapat anugrah bintang-bintang kehormatan. Pada tahun 1969, melalui menteri Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah  memberikan piagam anugrah seni kepada Raden Saleh, yang dititipkan kepada Ir.Achmad Priyono sebagai salah seorang anggota keturunan Raden Saleh. Bagaimanapun, kini beliau dikenal sebagai Bapak Seni Lukis Indonesia modern. Pada pameran besar Bulan Agustus 1976, di Jakarta untuk pertama kalinya karyanya dipamerkan sebagian koleksi lukisan mantan Presiden Soekarno, lukisan yang berjudul “Perkelahian dengan Singa” menduduki tempat kehormatan. Lukisan tersebut berformat besar (3,09 x 2,31) dibuat pada tahun 1870, kini menjadi koleksi Istana Presiden, reproduksi lukisan ini pernah dijadikan sampul katalog pameran se-abad Seni Rupa Indonesia, 1876 -1976, Balai Seni Rupa Jakarta.Makam Raden Saleh cukup mudah dicapai dan dapat dijadikan sebagai objek wisata budaya.
 
Selain itu pembangunan galeri seni lukis di lokasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat menikmati hasil karya seniman besar Indonesia. Untuk menunjang kenyaman pengunjung yang datang maka perlu dibangun tempat parkir yang memadai, karena pengunjung yang menggunakan roda empat parkir di pinggir jalan umum
 
makamradensaleh-2
 
20.Mesjid Empang
 
Masjid Empang

Mesjid Empang (Mesjid An-Nur Tauhid) berdiri tahun 1815, mempunyai fungsi sebagai tempat peribadatan. Mesjid ini memiliki bentuk bangunan gaya timur tengah. Di Kompleks Masjid An Nur itulah, Al Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Athas di makamkan, bersama dengan makam anak-anaknya yaitu Al Habib Mukhsin Bin Abdullah Al Athas, Al Habib Zen Bin Abdullah Al Athas, Al Habib Husen Bin Abdullah Al Athas, Al Habib Abu Bakar Bin Abdullah Al Athas, Sarifah Nur Binti Abdullah Al Athas, dan makam murid kesayangannya yaitu Al Habib Habib Alwi Bin Muhammad Bin Tohir

 
21. Stasiun Bogor
 
Stasiun bogor
 
Stasiun Bogor (kode: BOO) adalah stasiun kereta api di Kota Bogor, Indonesia yang dibangun pada tahun 1881. Stasiun yang terletak pada ketinggian +246 M ini memberangkatkan Kereta Rel Listrik (KRL) yang melayani kawasan Jabotabek, yakni menuju Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Tanahabang. Selain itu terdapat pula Kereta Rel Diesel (KRD) yang melayani rute Sukabumi-Bogor bernama Kereta api Bumi Geulis. Stasiun ini disibukkan oleh komuter (penglaju) dari Bogor menuju ke Jakarta.Terdapat puluhan jadwal perjalanan KRL dari stasiun ini setiap harinya; terdiri dari KRL ekonomi, KRL ekonomi-AC, dan KRL ekspres Pakuan. Kereta Pakuan dengan lintasan Jakarta-Bogor-Jakarta, tarifnya Rp. 11.000 satu arah, dan telah dilengkapi dengan penyejuk udara semenjak tahun 2000
 
st-bogor
 
 
22. Wisata Ilmiah
 
Image
 
taman
Wisata Ilmiah Wisata Ilmiah

Wisata Ilmiah

Koya Bogor dilengkapi juga dengan berbagai balai dan pusat penelitian antara lain Balai penelitian Tanaman Obat dan Aromatika di  jalan TentaraPelajar no.3 (Cimanggu ) Bogo, telp. 0251-8321879 yang terkenal dengan Wisata ilmiah disana menyediakan paket pengenalan tanaman budidaya, penanganan lepas panen tanaman rempah dan obat serta bursa benih dan produk. Balai Penelitian Hutan dan Konservasi Alam serta Pusat Penelitian Teknologi Hasil Hutan di jalan Gunung Batu no. 5 Bogor yang memiliki Arboretum,Persemaian, Laboratorium penelitian,Koleksi herbarium dan kebun percobaan

 
23. Wisata Jajanan
 
Kota Bogor adalah salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki beragam wisata kuliner dan juga cinderamata serta oleh-oleh.  Saat ini para wisatawan dari luar Bogor sengaja mengunjungi kota ini untuk berwisata kuliner. Mereka biasanya mencari makanan khas Bogor seperti asinan Bogor dan roti unyil di kawasan Sukasari. Jajanan khas lain selain asinan Bogor adalah talas bogor, toge goreng, laksa, gepuk karuhun, nasi tutug oncom, ayam gepuk echo raos, macaroni panggang, apple pie, es pala, comro, cincau, dan lain-lain. Makanan-makanan ini banyak terdapat di sepanjang kawasan Gg. Aut / Jl. Suryakencana Bogor. Pada sore dan malam hari terdapat berbagai jenis makanan di sepanjang Jalan Pajajaran, yang merupakan tempat berkumpulnya anak-anak muda. Di samping itu terdapat sentra kuliner agribisnis Bogor yaitu pusat jajanan dan oleh-oleh kota Bogor Jl. Malabar (Belakang RM Bambu Kuning / samping Pangrango Plaza Bogor).
 
24. Cinderamata
 
 cinderamata-1 cinderamata-4
 
25. Wisata Perjalanan
 
wisataperjalanan-5 wisataperjalanan-2 wisataperjalanan-4 wisataperjalanan-5

Paket wisata Kampung  Cikaret Kampung Cikaret terletak di Wilayah Bogor Selatan, dapat ditempuh 30menit dari Pusat Kota. Paket Wisata ini dikemas untuk melihat Kehidupan masyarakat desa dengan potensi yang dimiliki secara tradisional, Perjalanan Wisata tersusun sbb: -Melihat pengrajin sendal/sepatu dengan proses pembuatannya. -Kunjungan ke pengrajin wayang golek dengan proses pembuatannya dan dapat menyaksikan pagelaran singkat wayang golek 5 s/d 10 menit. -Mengunjungi pabrik tahu , kue ali(Kue cincin), gengan proses pembuatannya Secara tradisional. -Melihat Kehidupan masyarat dengan bertani dan berternak ikan dilatarbelakangi pemandangan gunung salak. -Akhir Kunjungan makan siang khas sunda di gubuk bambu yang terletak di tengah kolam ikan dengan pemandangan persawahan. Informasi: Kel. Cikaret (0251)8487219 Contac Person:Syafirudin Hp. 0817173618

26. Wisata Belanja
 
wisatabelanja-1 wisatabelanja-2
wisatabelanja-5 wisatabelanja-3
Selain wisata kuliner, Kota Bogor juga terkenal dengan factory outlet hingga butik khas-nya, yang menyediakan perlengkapan gaya hidup mulai dari tas, dompet, hingga sepatu.Anda dapat melakukan wisata belanja fesyen di sepanjang Jl. Pajajaran, serta wisata belanja sepatu dan tas di sepanjang Jl. Raya Katulampa. Terdapat pula berbagai pusat perbelanjaan besar seperti Botani Square, Bogor Trade Mall, Ekalokasari Plaza, Pangrango Plaza, dan Plaza Jambu Dua.Selain itu, tepatnya di daerah Tajur, terdapat kawasan wisata belanja yang banyak menjual beragam jenis tas, sepatu, dan perlengkapan pribadi lainnya. Kawasan yang dalam beberapa tahun terakhir ini mulai berkembang selalu saja ramai dikunjungi oleh pembeli dari berbagai kalangan. Setiap akhir pekan atau liburan sekolah, kawasan ini banyak didatangi pengunjung dari Jakarta dan sekitarnya. Ada juga yang singgah ke sini setelah berwisata di Puncak.
 
Berbagai jenis tas dalam beragam corak dan ukuran dipatok dengan harga yang lumayan murah, seperti tas anak sekolah mulai dari Rp 20.000, tas kantor mulai dari Rp 25.000, tas wanita mulai dari Rp 15.000,- dan tas koper mulai dari Rp. 20.000,-. Soal ukuran dan model Anda tak perlu khawatir, karena tersedia banyak pilihan ukuran dan model sesuai dengan trend. Mereknya pun beragam, mulai dari yang tanpa merek sampai yang bermerk luar negeri. Tas Tajur memang sudah cukup dikenal, khususnya bagi warga Jakarta
 
27. Wisata Agro
 
 Wisataargo-1
wisataargo-3

Wisata Agro

Wisata Agro terdapat di Kota Bogor dengan aneka Komoditasnya diantaranya yaitu Ikan Hias di Rancamaya, Jus Jambu Merah (Kel. Sukaresmi), jus Lidah Buaya (Katulampa), bebas organik (Mulyaharja),Manisan buah (cimahpar). Dinas Agribisnis: (0251)8318760

Agricultural Tourism

Bogor City agricultural Touism With Varios commoditios such as beautiful fish at Rancamaya, Guava juice (Sukaresmi), Alloevera juice, (Katulampa), organic rice(Mulyaharja), mix of fruit (Cimahpar). Agricultural Business Service: (0251) 8318760

28. Klenteng Hok Tek Bio Bogor

Kelenteng Hok Tek Bio, yang juga bernama Vihara Dhanagun, baru saja saya kunjungi beberapa waktu berselang. Kunjungan yang lama tertunda, lantaran tidak cukup yakin dengan informasi yang saya peroleh mengenai keberadaan salah satu kelenteng tertua di Kota Bogor ini. Padahal jalanan di depan Kelenteng Hok Tek Bio ini sudah sangat sering saya lalui.

Kelenteng Hok Tek Bio letaknya di Jl. Suryakencana No.1, Bogor. Tidak tepat di pinggir jalan memang, karenanya tidak akan terlihat oleh para pejalan, kecuali jika mereka menengokkan kepalanya ke sebelah kiri ketika lewat di Jl. Suryakencana. Pengunjung masuk melalui sebuah gang lebar, khusus menuju ke kelenteng, yang bisa dilalui oleh dua kendaraan roda empat.

Kelenteng Hok Tek Bio pada gerbang Kelenteng, yang ditulis sebagai Vihara Dhanagun, dengan bentuk dan warna merah kuning khas ini sebenarnya sangat mudah dilihat ketika masuk ke Jalan Suryakencana.

Hanya saja karena letaknya agak jauh di dalam, sehingga saya tidak pernah sekalipun melihat gerbang Kelenteng Hok Tek Bio ini meski telah berkali-kali melewati jalan ini.

Kelenteng Hok Tek Bio berada tepat di belakang gerbang masuk, dengan halaman yang cukup luas dan terawat.

Pada permukaan dinding di sayap kiri bangunan Kelenteng Hok Tek Bio terdapat mural harimau belang, serta Biksu Tong Sam Chong yang digambarkan sedang duduk di atas punggung seekor kuda putih, dikawal oleh Sun Go Kong, Tie Pat Kay dan Sam Cheng, dalam perjalanannya ke Barat menuju India.

Kisah yang terkenal selama berabad-abad itu berasal dari novel Cina klasik berjudul “Shi You Ji” (Perjalanan ke Barat) karya Wu Cheng-en, seorang sastrawan dan penyair yang hidup di masa Dinasti Ming. Tokoh fiksi Sun Go Kong, Tie Pat Kay dan Sam Cheng, diciptakan Wu Cheng-en konon untuk menyindir keadaan masyarakat waktu itu. Sun Go Kong melambangkan kesombongan, Tie Pat Kay melambangkan kemalasan dan ketidakmampuan menahan hawa nafsu, serta Sam Cheng yang melambangkan kebodohan. Juga kritiknya pada persaingan dan perseteruan para pengikut Taoisme, Konfusianisme dan Buddhisme pada masa Dinasti Yuan (Mongol) dan Ming, yang membuat mereka lama terjajah karena ketiadaan persatuan.

Kelenteng Hok Tek Bio pada bangunan utama Kelenteng, dengan dua tungku pembakar kertas di kiri kanan depan bangunan. Di wuwungan Kelenteng Hok Tek Bio terdapat dua ekor naga berjaga, dan di bawah bola api matahari di bagian tengah wuwungan terdapat dua ekor burung Hong dalam posisi saling berhadapan.

Kelenteng Hok Tek Bio pada sayap sebelah kanan bangunan Kelenteng, dengan mural indah yang menggambarkan Legenda Delapan Dewa yang merupakan dewa-dewa hebat dalam ajaran Tao, dan diduga berawal pada Dinasti Tang. Mereka adalah Cao Guojiu, Han Zhongli, Han Xiangzi, He Xianggu, Lu Dongbin, Lan Caihe, Tie Guali, dan Zhang Guolao,

Senjata yang mereka bawa adalah botol labu, keranjang bunga, kipas, lonceng kayu, pedang, seruling, tongkat, dan Tao yang disebut “Delapan Harta” dan merupakan simbol Delapan Dewa. Kisah menarik tentang Delapan Dewa ini bisa anda baca di situs Kebajikan.

Kelenteng Hok Tek Bio ketika seorang Ibu dan putera lelakinya tengah sembahyang pada Dewa Langit di depan pintu Kelenteng sambil membakar beberapa batang hio. Asap hio yang mengepul pekat tampak membubung di dalam bangunan kelenteng, berasal dari sekumpulan batang hio yang dibakar oleh seorang pria. Seekor singa penjaga kelenteng (Bao-gu-shi) tampak di latar depan.

Kelenteng Hok Tek Bio saat seorang ibu tengah melakukan ritual bakar kertas di halaman depan Kelenteng, disaksikan oleh puterinya yang masih mengenakan seragam sekolah.

Kelenteng Hok Tek Bio pada ukiran patung Naga berukuran besar indah dengan badan melilit pilar yang sering dijumpai di bagian dalam kelenteng.

Kelenteng Hok Tek Bio pada sebuah genta Kelenteng dengan deretan bulatan menonjol berderet teratur di bagian atasnya. Sudah lama saya ingin memiliki genta semacam ini, namum belum berkesempatan mencari dimana bengkelnya berada.

Kelenteng Hok Tek Bio pada altar utama Kelenteng dengan tuan rumah Hok Tek Ceng Sin, Dewa Bumi, pembawa rejeki bagi kaum pedagang dan masyarakat pada umumnya. Pengunjung yang bersembahyang di altar Dewa Bumi ini biasanya membakar 5 buah batang hio yang dijejer seperti kipas untuk memperlancar usaha mereka.

Penggunaan hio sewaktu bersembahyang di kelenteng adalah 1 hio untuk kauw siu tao (siu tao artinya merevisi fisik dan mental), 3 hio untuk bersembahyang biasa, 5 hio untuk usaha (Hok Tek Ceng Sin ), 6 hio untuk keperluan orang lain, 7 hio untuk memohon secara khusus dan membalikkan pada orang lain (nujum), 8 hio bila kesusahan terus menerus menimpa, 9 hio untuk semua mahluk, 12 hio untuk semua mahluk berkah, 36 hio untuk kesuksesan dan keharmonisan, dan 108 hio bila terdesak dan dalam keadaan darurat.

Kelenteng Hok Tek Bio pada altar pemujaan di bagian sebelah kanan ruang utama Kelenteng, yang diwarnai nyala puluhan lilin, pelita minyak, harum hio yang dibakar. Rangkaian bunga yang indah harum dipajang rapi di dalam vas-vas kaca, dengan berbagai macam buah persembahan diletakkan di atas meja sembahyang.

Kelenteng Hok Tek Bio pada deretan pelita dalam gelas dengan bahan bakar minyak lampu yang berwarna kuning kemerahan, dengan kertas-kertas penanda pemiliknya. Jenis minyak ini dipilih karena tidak mengeluarkan bau dan tidak berjelaga.

Kelenteng Hok Tek Bio pada altar Eyang Raden Suryakencana Winata Mangkubumi, karuhun orang Sunda, yang menunjukkan bagaimana penghormatan kaum Cina kepada leluhur masyarakat di tempat dimana mereka tinggal.

Raden Suryakencana adalah putera Aria Wiratanudatar, pendiri kota Cianjur, dan ayah dari Prabu Siliwangi dan Prabu Sakti. Eyang Suryakencana dan Prabu Siliwangi dipercaya bersamayam di Gunung Gede dan selalu menjaganya agar tidak sampai meletus.

Kelenteng Hok Tek Bio pada altar Houw Ciong Kun, Dewa Macan. Houw Ciong Kun adalah seekor macan sakti yang merupakan pengawal Hok Tek Ceng Sin dan sering dikaitkan juga dengan keberadaan Raden Suryakencana dan Prabu Siliwangi.

Kelenteng Hok Tek Bio pada tumpukan kertas sembahyang di Kelenteng yang bisa menjadi indikasi hidup suburnya persembahyangan di Kelenteng Hok Tek Bio ini. Makmurnya sebuah tempat peribadatan menunjukkan kemakmuran spiritual umatnya.

Kelenteng Hok Tek Bio pada batang-batang hio dengan berbagai ukuran tertancap pada hiolo setelah selesai menjalankan tugasnya. Asap hio berwarna biru keunguan membubung, membawa doa-doa para pembawanya ke langit, ke tempat dimana para dewa bersemayam.

Kelenteng Hok Tek Bio ini konon berdiri sejak tahun 1672, tentu tidak dalam bentuknya seperti sekarang ini. Menurut penuturan seorang pria Cina sepuh yang saya temui di tempat ini, Kelenteng Hok Tek Bio sebenarnya bukan merupakan kelenteng tertua di Bogor. Adalah Kelenteng Maha Brahma (Pan Kho Bio) di daerah Pulo Geulis yang merupakan kelenteng tertua di Bogor. Pulo Geulis terletak di tengah Sungai Ciliwung, di Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah.

Jl. Suryakencana No. 1,
Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Timur,
Bogor, Jawa Barat
GPS: -6.60343,106.799048

Tidak ada tiket masuk, sumbangan diharapkan.

29. The Jungle Waterpark

Salah satu objek wisata yang berada di Kota Bogor adalah The Jungle Waterpark yang hingga saat ini termasuk dalam salah satu wahana air terlengkap di Bogor dan diresmikan sejak tanggal 16 Desember 2007.

The Jungle Waterpark bertempat di dalam area Perumahan  Bogor Nirwana Residence (BNR), Jalan Dreded Pahlawan dengan luas lahan sekitar 3,6 hektar yang sebagian besar dari total area tersebut merupakan kawasan hijau terbuka dengan Gunung Salak dan Gunung Pangrango sebagai pemandangannya.


Jam operasional The Jungle Waterpark adalah pukul 09.00 – 17.00 WIB pada hari kerja dan pukul 08.00 – 18.00 pada hari libur.


Harga tiket masuk The Jungle Waterpark adalah sebagai berikut :

Fasilitas yang bisa didapatkan di The Jungle Waterpark adalah sebagai berikut :

The Jungle Waterpark
(0251) 8212 666
Facebook : thejunglewaterpark
Twitter : @thejunglebogor

Website : www.thejungleadventure.com

30. Kerajian Kreatif Bogor

Dengan banyaknya berbagai produk unggulan kerajinan daerah yang di informasikan melalui buku ini diharapkan dapat menarik minat masyarakat khususnya masyarakat pencinta kerajinan, baik dari dalam maupun luar negri untuk melakukan kontak bisnis secara langsung dengan para pengrajin di wilayah Kota Bogor, sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Bogor.
 
Kerajinan Bordir ARYOFA
Alamat / Showroom : Jl. Pelita III No. 48 Kd. Halang Bogor telp. (0251) 8656221 / Jl. Raya Tajur No. 217  (Babadak Bogor) Kel. Tajur Kec. Bogor Timur
Telp / Hp    : (0251) 2752096 / 08151888158
Jenis Produksi   : Bordiran
Contact Person  : Selfida 08151888158
Produk Unggulan  : Busana Muslim Pria dan Wanita
 
 
Kerajinan Kue Coklat WAROENG COKLAT Alamat / Showroom  : Jl. Anggada I / II. Perumahan Bumi Indraparasta II Kec.Bogor Yimur
Telp / Hp   : (0251) 8378423 / 08561246562
Jenis Produksi  : Makanan Coklat
Contact Person   : Yanthie R , 08561246562
Produk Unggulan   : Kue Coklat, Kering & Permen Truffle
 
 
Kerajinan Alat Kesenian Bambu GAPURA SANGKIA PURASABA
Alamat / Showroom    : Jl. Loader No. 2 Kel. Baranangsiang Kec. Bogor Timur
Telp / Hp   : 08888595911 / 08567007077
Jenis Produksi   : Alat KesenianTradisional Bambu
Contact Person   : Dasep Aripin, 087870276333
Produk Unggulan  : Talawangsa, Kacapi, Tarompet, Angklung, Biola dan Rebab
 
 
  Kerajinan Sulam Pita KRESNA HANDICRAFT
Alamat / Showroom   : Jl. Kresna Raya No.25 Indraparasta Kel.Tegal Gundil Bogor Kec. Bogor Utara
Telp / Hp     : (0251) 8342721 / 081214229997
Jenis Produksi    : Tas, Baju, Sandal Slop, Sepatu
Contact Person   : Ny. Hj Woro Djuarningsih 081214229997
Produk Unggulan    : Sulam Pita
 
 
Kerajinan Kulit KALONG
Alamat / Showroom    : Jl. Raya Kedung Halang No. 189 Kel. Kedung Halang Kec. Bogor Utara
Telp / Hp   : (0251) 8659807 / 085693717577
Jenis Produksi  : Jaket, Tas Dan Sepatu dari Kulit
Contact Person  : Wawan dan Wiwis / 0813 163 98419
Produk Unggulan   : Jaket Kulit dan Tas Kulit
 
 
Kerajinan Handicraft RAFFYLA ARTS & FLORIST
Alamat / Showroom    : Villa Bogor Indah Blok E2/ No. 17 Kel. Ciparigi Kec. Bogor Utara
Telp / Hp  : (0251) 8660651 / 08159270757
Jenis Produksi  : Handicraft Daur Ulang, Bunga Kering, dan Florist
Contact Person   : Chika, Tya (0251) 8660651
Produk Unggulan  : Box Daur Ulang, Florist
 
 
Kerajinan Batik Batik Tulis Tradisiku
Alamat / Showroom    : Jl Neglasari 1 Rt.04/04 No. 37 Kel. Cibuluh Kec. Bogor Utara 16170 Botani Square Lt.1
Telp/HP/Fax  : (0251) 8654618/ HP.08151887946/ (021) 87912756
Jenis Produksi  : Batik Tulis (Baju Kaos, Kemeja, Kain, Sarung Bantal, Sajadah dll)
Contact Person   : Ibu Rukaya, 081314110257
Produk Unggulan : Kaos, Kemeja, Kain Batik
 
 
Kerajinan Goong Goong pancasan
Alamat / Showroom    : Jl Pancasan No. 17 Kec. Bogor Selatan
Telp/HP  : (0251)8355641 / 0815 85990699
Jenis Produksi  : Perangkat Gamelan (Goong)
Contact Person   : Ibu. H. Sukarna (0251) 8314132 / 0818187098
Produk Unggulan   : Goong, Saron, Bonang, Set Gamelan
 
 
Kerajinan Wayang MARCAPADA
Alamat / Showroom    : Gg. Kosasih Rt. 01 / Rw. 08 No. 4 Kel. Cikaret  Kec. Bogor Selatan
Telp / HP  : 085692847131
Jenis Produksi  : Wayang Golek
Contact Person  : Syahrizal, Seketariat Dekranasda Kota Bogor (0251)8321574 / 081806340918
Produk Unggulan   : Wayang dudu, Wayang Bingkai dan Wayang Utuh
 
 
Kerajinan Bordir AGUSTINE EMBROIDERY
Alamat / Showroom      : Baranansiang Indah EV No. 13 Kel.Katulampa Kec. Bogor Timur
Telp / HP  : ( 0251 ) 8360187 / 085691603799 / agst desig @g.mail.com
Jenis Produksi  : Fashion, Interior Design, Handicraft, Bordiran
Contact Person  : Asty, 085282930750
Produk Unggulan  : Fashion, Interior, Handicraft, Taplak Meja, Bordiran
 
Alamat / Showroom    : Jl.Semplak No.86 Kel. Semplak Kec. Bogor Barat
Telp / HP  : (0251) 7531190
Jenis Produksi : Boneka  , Sandal , Gantungan Kunci dari Kain Batik
Contact Person  : Nani (0251) 7531190
Produk Unggulan  : Boneka , Sandal , Souvenir dari kain batik

Kerajinan Souvenir DINI DESIGN

Kerajinan Souvenir DINI DESIGN

Alamat / Showroom     : Jl. Pahlawan NO. 113 Kel. Batutulis Kec. Bogor Selatan 16131
Telp / HP : (0251) 8328460 / 08129191324
Jenis Produksi  : Handricraft Daur Ulang dan Bermacam-macam Souvenir
Contact Person   : Ir. Dini Astriani (08129191324) Ria , (081381232148)
Produk Unggulan  : Souvenir , Kartu undangan , Kotak Kado

Kerajinan Batik QNIE BATIK GALERY

 Kerajinan Batik QNIE BATIK GALERY

Alamat / Showroom    : Jl. Pangeran Asogiri No.339 Perum. Tanah Baru D/5 Kel.Tanah Baru Kec.Bogor Timur
Telp / Hp  : ( 0251 ) 8651739
Jenis Produksi : Aplikasi Batik
Contact Person   : Ir. Rahayu Tri Hapsar ( 0251 ) 8651739
Produk Unggulan : Banta, Tas dan Taplak Batik

Kerajinan Senjata Kujang KUJANG PAJAJARAN

Kerajinan Senjata Kujang KUJANG PAJAJARAN

Alamat / Showroom    : Rt. 02 / Rw. 06 Kel.Sindang Sari Kec.Bogor Timur
Telp / Hp  : ( 0251 ) 2270228
Jenis Produksi : SebjataKujang
Contact Person   : Wahyu A. (0251) 2270228
Produk Unggulan   : Kujang

Kerajinan Kayu GARDU

Kerajinan Kayu GARDU

Alamat / Showroom    : Jl. Raya Cimahpar No. 180 Kel. Cimahpar Kec. Bogor Utara
Telp / HP : (0251) 8655849 / 081316905046
Jenis Produksi : Kerajinan Mainan berbahan dasar kayu , (Education Playing) , Furniture
Contact Person  : A. Djamil ( 081316905046 )
Produk Unggulan  : Furniture, Alat Permainan Anak, Kitchen set

Kerajinan Daur Ulang RF CRAFT

Kerajinan Daur Ulang RF CRAFT

Alamat / Showroom     : Jl. Tentara Pelajar Gg. H. Enung Rt. 01/Rw. 07 No. 28 Kel. Kedung Jaya Kec. Tanah Sareal
Telp / HP : 081806340918 / (0251) 9121433
Jenis Produksi   : Kerajinan Daur Ulang , Souvenir , Cinceramata , dll
Contact Person   : Syahrizal / 081806340918
Produk Unggulan  : Tempat Pensil , Kotak Perhiasan , Bingkai / Fram , dll

Kerajinan Bambu SURATIN BAMBOO

Kerajinan Bambu SURATIN BAMBOO

Alamat / Showroom     : Jl. Raya Tanah Baru Asogiri Kel. Tanah Baru Kec. Bogor Utara 16170 / Jl. Raya Puncak Ds Cibeureum Bogor, Jl. Raya Jampang II Parung Bogor
Telp / Fax / HP              : ( 0251 ) 8656076 / 08129519754
Jenis Produksi               : Furniture Bambu dan Saung ( Gazebo )
Contact Person             : Merry / 08568101067
Produk Unggulan          : Furniture Bambu ( Kursi, Tempat Tidur ), Gazebo dll.

Kerajinan Daur Ulang RAQ HANDMADE
Kerajinan Daur Ulang RAQ HANDMADE

Alamat /Showroom     : Jl. Cimanggu Kecil No. 5 Kel. Ciwaringin Kec. Bogor Tengah
Jenis Produksi : Kerajinan Daur Ulang, Souvenir, Cinderamata, Tas dll.
Contact person : Anita, 0812 282 282 32
Produk Unggulan  : Kemasan, Tas, Kartu Ucapan, Dompet dll.

Kerajinan Keramik MUNTI KERAMIK

Kerajinan Keramik MUNTI KERAMIK

Alamat / Showroom     : Jl. Guntur No. 2 Kel. Sempur Kec. Bogor Tengah
Telp / HP   : ( 0251 8381167 / 0816708178
Jenis Produksi  : Keramik Hias, Keramik Untuk Design Interior, Peralatan makan
Contact person : Fuad, ( 0251) 8381167
Produk Unggulan  : Keramik Hias, Keramik Untuk Design Interior

Kerajinan Tas TAS YANRI

Kerajinan Tas TAS YANRI

Alamat / Showroom    : Jl. Jambu I No. 15 Perumnas Bantar Kemang Kel. Katulampa Kec. Bogar Tiimur
Telp / HP  : (0251) 8383493 / HP .08179166433
Jenis Produksi  : Tas , Dompet
Contact person : Iskandar Zulkarnaen , Tel. (0251) 8383493 / HP. 08179166433
Produk Unggulan  : Tas , Dompet , Tas Rajut

Kerajinan Kayu dan Kenari ADJAM COLLECTION

Kerajinan Kayu dan Kenari ADJAM COLLECTION

Alamat / Showroom    : Pulo Empang Rt.05,Rw 05 Gg. Harapan Kel. Paledang Kec. Bogor Tengah / Jl. Kapt. Muslihat (Taman Topi Bogar)
Telp / HP : (0215) 8316129
Jenis Produksi : Kerajinan Kenari , Kayu , Cinderamata , Asesoris , Gatungan Kunci , Taligrafi ,dsb
Contact Person  : Seketariat Dekranasda (0251) 8321574 / 081806340918
Produk Unggulan : Gantungan Kunci Kenari , Huruf , Lafad , kaligrafi Kayu dan Papan n ama kayu


Kerajinan Wayang Golek SANGGAR TUMARITIS

Kerajinan Wayang Golek SANGGAR TUMARITIS

Alamat / Showroom    : Lebak Kantin RT.02/RW.06 Kel.Sempur Kec.Bogor Tengah Bogor 16154
Telp/HP  : (0251) 8383758/081383039282
Jenis Produksi  : Wayang Golek , Topeng , Patung
Contact Person : Dase , Telp. (0251) 8383758 / 081383039282
Produk Unggulan  : Wayang Golek , Berdiri , Duduk , Figura , Topeng dan Segala Jenis Patung

Kerajinan Daur Ulang BOGOR KREATIF

Kerajinan Daur Ulang BOGOR KREATIF

Alamat/ showroom    : Jln.Ciwaringin Gg.Melati RT.02 No.2 Kel.Ciwaringin Kec.Bogor Tengah
Telp/HP   : (0251) 2149695,08129569393
Jenis Produksi   : Kerajinan Daur Ulang , Souvenir , Cenderamata , dll
Contect Person   : Bim-Bim 08129569393
Produk Unggulan  : Tempat Pensil , Tatakan Gelas , Kotak Perhiasan , Bingkai / Frame , Tas Tangan dll

31. Taman Safari Bogor

TmnSafari1

Taman Safari Indonesia terletak di daerah penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan pada ketinggian 900-1 800 diatas permukaan laut, serta mempunyai suhu rata-rata 24 – 18 derajat Celsius, telah ditetapkan sebagai Obyek Wisata Nasional oleh Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi,  Soesilo Soedarman, serta diresmikan menjadi Lembaga Konservasi ee-situ dan Pusat Penangkaran Satwa Langka di Indonesia oleh Hasyrul Harahap Menteri Kehutanan pada tanggal 16 Maret 1990.

Lokasi Taman Safari Indonesia, terletak di jalan raya Jakarta dan Bandung, lebih kurang 80 kilometer dari Jakarta atau 1,5 – 2 jam dengan kendaraan. Sedangkan bila dari Bandung sekitar 78 kilometer atau 3 jam dengan mobil.

Bila menggunakan kendaraan umum/Bus, dari Jakarta atau Bandung, berhenti di Cibeureum Cisarua, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan ojek atau angkot, lebih kurang 15 menit ke Taman Safari Indonesia.

Obyek Wisata Nasional Taman Safari Indonesia merupakan perpaduan antara kebun binatang moderen, lokasi wisata dan wisata alam, resmi dibuka untuk umum tahun 1986. Koleksi satwa yang dimiliki saat itu hanya sekitar 250-an ekor yang terdiri dari 100 jenis yang berbeda. Sepuluh tahun kemudian.

Oktober 1995, koleksi satwa di Taman Safari telah mencapai 2500-an ekor yang terdiri dari 200 jenis. Di mana 50 % nya adalah satwa kelahiran di Taman Safari, selebihnya merupakan satwa titipan dart berbagai instansi yang terkait, seperti PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam), penyerahan dari masyarakat sekitar, atau sengaja didatangkan dari kebun binatang luar negeri dengan program tukar rnenukar satwa.

Satwa-satwa yang ada di Taman Safari / umumnya merupakan satwa yang dilindungi baik dari Indonesia maupun yang didatangkan dari lima benua. Sedang ada beberapa ekor, keadaannya sangat mengkhawatirkan, sehingga perlu campur tangan manusia dalam meningkatkan jumlah populasinya melalui program penangkaran.

Seperti halnya kebun binatang lainnya, Taman Safari mempunyai beberapa fungsi. Selain sebagai lokasi rekreasi juga aktif di dalam membantu usaha perlindungan dan pelestarian dari populasi jenis yans terancam punah karena kehilangan habitat. Selain itu meningkatkan ilmu pengetahuan dengan melakukan berbagai penelitian untuk mendukung pelestarian satwa, serta melakukan kampanye, pendidikan dan penyuluhan mengenai konservasi.

TmnSafari2

Banyak obyek menarik yang terdapat di kawasan yang banyak mengkoleksi beragam jenis binatang ini, di antaranya, safari park, taman burung, animal education show, prmates & reptiles, babby zoo, kincir raksasa, gajah dan kuda tunggang, safari trek, caravan & hotel dan wild-wild west.

Untuk wahana yang disebut terakhir ini, merupakan wahana yang menarik untuk di saksikan. Pertunjukannya dilakukan di dalam arena yang disetting ala koboi, dengan atraksi koboi yang memukau. Pertunjukan ini dapat disaksikan secara gratis setiap hari, selama lebih kurang 15 menit. Selain wahana tersebut, ada lagi wahana menarik lainnya, seperti di baby zoo, di wahana ini Anda bisa berfoto bersama dengan harimau putih, macan tutul, orang utan dan lain-lain.

TmnSafari3 TmnSafari5

Wild-Wild West

Selama ini Anda mungkin sering melihat atraksi koboi dalam film di televisi. Adegan kejar-kejaran, saling tembak dan adu mulut tersebut tentunya menjadi tontonan menarik dan menjadi hiburan di rumah.

Tapi pernahkah Anda menyaksikan atraksi koboi itu secara langsung? jika ingin melihatnya, Anda tak perlu jauh-jauh ke negeri asalnya di Amerika sana, tapi cukup ke Taman Safari Indonesia (TSI) di Cisarua, Bogor.

Di TSI Anda bisa menyaksikannya pada wahana Wild-Wild West yang ada di bagian belakang TSI. Untuk menyaksikan pertunjukan tersebut, pengelola TSI tidak memungut biaya, alias gratis. Anda cukup membayar tiket tanda masuk di gerbang depan TSI.

Pertunjukan koboi ini digelar setiap hari pada pukul dua siang. Penonton disediakan tempat duduk di tribun dengan setting setengah melingkar. Jadi semua pertunjukan bisa terlihat jelas dari atas tribun. Suara ringkihan kuda, pistol dan dinamit para koboi, seakan berada begitu dekat, karena efek dari sound system yang dipasang.

Peta Lokasi Taman Safari Indonesia

TmnSafari4

Sumber : http://www.tamansafari.com, http://www.puncakview.com, www.bogor.net

http://info.indotoplist.com

32. Wisata Kampung Cinangneng

kampoeng-wisata-cinangneng-bogor

Kampung_Cinangneng3

Kampung Wisata Cinangneng yang terletak di Jl. Babakan Kemang, Kecamatan Ciampea ini membuka kesempatan kepada wisatawan yang ingin berwisata dalam suasana pedesaan, khususnya kepada siswa sekolah, melalui program yang diberi nama “Tour Poelang Kampung”.

cinangneng_blog1

Di sana Anda akan diajari berbagai ketrampilan khas warga desa seperti membungkus nasi timbel, membuat wayang dari daun singkong, belajar tari jaipong, bermain gamelan, atau membuat kue.

Tak hanya itu, yang paling mengasyikkan adalah jalan-jalan keliling kampung dan sekaligus “praktek” menjadi warga desa, seperti belajar bermain angklung & menyanyi lagu Sunda, belajar menanam, menggarap atau memanen padi. Ada lagi yang tak kalah serunya adalah memandikan kerbau, bermain ala permainan anak desa dan berkreasi dengan huruf dan warna di atas Caping (topi petani).

Selama satu jam, rombongan akan diajak berkeliling kampung dengan berjalan kaki. Dalam perjalanan mereka diperkenalkan dengan berbagai tanaman yang selama ini mungkin hanya mereka kenal namanya saja seperti tanaman kopi, kacang panjang, timun, melinjo, atau bengkuang. Setelah puas berkeliling, rombongan diajak bersantai untuk tea break dengan berkunjung ke rumah warga, dan di sana mereka dijamu dengan minuman teh dan gorengan seperti singkong goreng, pisang goreng atau ubi.

Nah, bagi Anda yang bermi-nat mengikuti program ini, bisa membawa rombongan minimal 20 orang. Untuk reservasi hubungi Telp. 0251-621895

official website :http://www.kampoengwisatacinangneng.com/

33.Musium Zoologi

museum-zoologi-300x193

Zoologi (2)

Museum zoologi Bogor didirikan oleh Dr. J.C. Koningsberger pada bulan Agustus 1894. Museum Zoologi Bogor mulanya hanyalah sebuah laboratorium kecil di sudut Kebun Raya Bogor (dulu bernama Lands Plantentuin). Ketika didirikan pada 1894, laboratorium ini diawaki segelintir ilmuwan yang ditugasi meneliti hama serangga pada tanaman. Tetapi kemudian MZB berevolusi menjadi lembaga kelas dunia.

museum-zoologi-1

Museum ini merupakan pameran ilmiah dari berbagai jenis fauna Indonesia yang memiliki ruang seluas 1.500 m2. Koleksi yang ada dalam museum ini hanyalah sebagian kecil dari koleksi ilmiah spesimen binatang yang disimpan di bidang zoologi yang terletak di cibinong Science Centre. Museum Zoologi ini terletak di Jalan Ir Juanda Kota Bogor berada di sebelah kiri pintu masuk utama Kebun Raya Bogor.
 
selain tempat wisata, tempat ini dijadikan tempat belajar dimana didalamnya terdapat fosil hewan-hewan langka atau sudah punah, di antaranya kerangka dinosaurus yang sudah membatu, 10.000 jenis serangga yang telah di awetkan,600 jenis reptil dan ikan, 650 jenis mamalia, 1100 jenis unggas dan 700 jenis invertebrata lainnya yang tentunya sudah punah tetapi diawetkan agar masyarakat pada umumnya dan pelajar khususnya mengetahui hewan-hewan pada zaman dulu yang ukuranya pun relatif besar. Intinya, tempat ini sangat menarik dan bermanfaat untuk dijadikan tempat wisata dan juga sebagai sarana ilmu pengetahuan.

Zoologi (3)

 
Museum seluas 1.500 m2 ini merupakan pameran ilmiah dari berbagai jenis fauna Indonesia. Jumlah binatang yang dipamerkan di museum ini sekitar 2.000 jenis yang disajikan dalam sekitar 75 kotak dan 60 vitrine. Koleksi museum antara lain terdiri dari bermacam-macam offset binatang yang ada di indonesia, juga terdapat kerangka ikan paus biru “balanoptera musculus” terbesar di Indonesia.
 

34.Museum Etnobotani

Gedung Museum Etnobotani

Museum Etnobotani diresmikan pada tahun 1982 oleh Prof. DR. BJ. Habibie. Didalamnya terdapat 2.000 artefak etnobotani dan berbagai diorama pemanfaatan flora. Gagasan mendirikan museum ini pertama kali dicetuskan pada tahun 1962 oleh Prof. Sarwono Prawiroharjo (Alm.) yang pada saat itu adalah Ketua LIPI. Etnobotani berarti suatu ilmu yang mempelajari pemanfaatan tumbuhan oleh suku atau bangsa tertentu untuk kepentingan sehari-hari. Museum ini bertujuan untuk melestarikan flora dan budaya Indonesia yang beragam serta sebagai sarana informasi sekitar ruang lingkup etnobotani.

Koleksi museum antara lain terdiri dari alat-alat rumah tangga, bahan sandang, pangan dan obat-obatan tradisional, macam-macam kerajinan, alat musik. Berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda no. 24 Telp. (0251) 8322035.

35.Museum Tanah

Museum Tanah Tampak Depan

Berawal dari didirikannya “Laboratorium voor Agrogeologie en Grond Onderzoek” sebagai bagian dari Lands Plantentuin (Kebun Raya Bogor) oleh pemerintah Belanda pada tahun 1905 , yang kemudian menjadi menjadi Bodemkundig Instituut Tahun 1942, pada masa penjajahan Jepang, berubah nama menjadi Dozyoobu dan saat  Negara Republik Indonesia baru saja diproklamirkan, nama Bodemkundig Instituut kembali digunakan.

Pada tahun 1950 nomenklaturnya menjadi Balai Penyelidikan Tanah, dan tahun 1961 menjadi Lembaga Penyelidikan Tanah.Setahun kemudian (1962), namanya berubah lagi menjadi Lembaga Penyelidikan Tanah dan Pemupukan.  Kemudian menjadi Lembaga Penelitian Tanah pada tahun 1976, dan menjadi Pusat Penelitian Tanah pada tahun 1981.

Pada tahun 1990 mandat penelitian diperluas ke bidang agroklimatologi. Konsekuensinya, nama institusi ini  dirubah menjadi Pusat Penelitian Tanah dan Agroklimat (Puslittanak). Setelah Otonomi Daerah, yakni pada tahun 2001 nama ini berubah lagi menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat (Puslitbangtanak). Pada tahun 2002 Puslitbangtanak mempunyai tiga balai penelitian. Salah satunya adalah Balai Penelitian Tanah (Balittanah).
Balai Penelitian Tanah (Balittanah) bertugas melakukan penelitian untuk menghasilkan teknologi dan informasi sumberdaya dan pengelolaan tanah serta memberikan pelayanan dalam bidang analisis tanah, air, tanaman, dan pupuk, pemetaan, analisis data penginderaan jauh (inderaja), pelayanan basis data tabular dan spasial (menggunakan GIS), serta berbagai pelayanan lain yang berhubungan dengan informasi dan teknologi pengelolaan tanah.
 
Sejak tanggal 29 September 1988, Balai Penelitian Tanah meresmikan pendirian Museum Tanah
 
yang bekerjasama dengan International Soil Reference and Information Centre (ISRIC) Wageningen Belanda. Museum Tanah merupakan tempat menyimpan model/contoh tanah sebagai koleksi berbagai macam tanah di Indonesia dengan maksud sebagai sumber informasi dalam hal sumberdaya tanah bagi mendukung pembangunan pertanian.Koleksi Museum Tanah
Koleksi museum terdiri atas macam-macam tanah yang disajikan dalam ukuran kecil berupa makromonolit, macam-macam batuan, contoh-contoh pupuk, perangkat uji tanah, peta-peta, maket, alat survei tanah. Koleksi museum Tanah dibagi dalam 6 bagian, yaitu:
- monolit
– batuan
– peralatan survey
– teknologi pengolahan tanah
– peta-peta
– informasi lain

Berlokasi di Jl. Ir H. Juanda no. 98 Telp. (0251) 8323012.

museumtanah-6

museumtanah-b  museumtanah-d

36.Taman Wisata Matahari Cisarua

TAMAN WISATA MATAHARI

Jl. Raya Pucak Km 77, Bogor 16750 – Jawa Barat. Telpon : 0251-8252239, Faks : 0251-8252261



v
 

Taman Wisata Matahari berlokasi di Jalan Raya Puncak Bogor, kita dapat masuk ke Taman Wisata Matahari melalui dua jalan alternatif, yaitu melalui jalan masuk menuju kawasan wisata Curug Cilember dan melalui samping Rumah Makan Jago Rasa yang berada di sebelah kiri dari arah Ciawi menuju Puncak. Tempat wisata Matahari dengan luas sekitar 30 hektar menawarkan suasana wisata pegunungan yang meyegarkan dengan menyediakan fasilitas wisata untuk keluarga yang dapat dikatakan lengkap, mulai dari Villa, Kolam Renang, Wisata Air, ATV, Flying Fox, Taman Bermain Anak-Anak, dsb.

Taman Wisata Matahari menyediakan fasilitas wisata mulai dari; Villa, Kolam Renang, Wisata Air, Paddle Boat, Mini Boat, Bumper Boat, Mobil dan Motor Safari, ATV Off Road, Arena Bermain anak, komidi putar, Wisata Sungai, Paket Outbond, Flying Fox dan Belanja di Super Bazzar.

Semua fasilitas ini dapat dinikmati dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari Rp. 3000 untuk wisata air sampai dengan Rp. 15.000,- untuk Flying Fox. Beberapa arena wisata yang dapat dikatakan unik dan jarang terdapat di arena wisata lainnya antara lain: Flying Fox, ATV of f road, Becak-becak-an untuk anak-anak (ukuran kecil), Bumper Boat (Semacam Bombom car tapi di air

taman-matahari-1

37. Taman Buah Mekarsari

TAMAN WISATA MEKAR SARI
Jl. Raya Cileungsi – Jonggol Km. 3, Cileungsi, Bogor
Telp. 021-8231811-13 Fax. 021-8231475 Website: http://www.mekarsari.com


Bila Taman Wisata Mekarsari merupakan taman eksotis yang mengkoleksi beragam jenis tanaman buah-buahan dari berbagai daerah di Indonesia. Letaknya ada di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol Kabupaten Bogor. Bila dari Jakarta waktu tempuh untuk menuju ke tempat ini lebih kurang satu jam. PT Mekar Unggul Sari sebagai pengelola Taman Wisata Mekarsari menawarkan banyak program menarik dengan fasilitas yang komplit. Begitu berada di Taman Wisata yang luasnya mencapai 264 hektar ini, kita akan disuguhi bermacam jenis atraksi wisata.

Kunjungan bisa diawali berkeliling menggunakan kereta wisata untuk menyaksikan koleksi tanaman yang ada. Selama berkeliling kita akan melewati beberapa obyek-obyek menarik seperti, areal pembibitan, persemaian, areal rumah plastik, wahana outbound, kebun sayur, kolam pemancingan, tanaman buah dalam pot, kebun wisata melon, kebun salak, rambutan, jeruk, nangka, belimbing dan lain sebagainya.

Saat melewati kebun wisata melon, sebaiknya kita turun sejenak untuk melihat tanaman melon yang ada di dalam rumah plastik. Bila saat berkunjung tanaman melon sedang berbuah, kita bisa memetik melon langsung dari batangnya. Jenis melon yang tersedia cukup beragam, seperti melon golden light, jade flower, glamour, golden langkawi, dan renong. Setelah puas berkeliling dengan kereta wisata, kita bisa istirahat sejenak di bangunan air terjun. Bangunan ini cukup unik bila dilihat dari luar, karena dari atas gedung mengalir air ke bawah layaknya air terjun.

Buah Unggulan
Taman Wisata Mekarsari saat ini sudah mengkoleksi ribuan tanaman dari beberapa jenis species. Selain buah yang ditanam sesuai dengan aslinya, ada juga tanaman buah yang merupakan hasil kreasi sendiri dari Laboratorium Mekarsari. Beberapa produk yang telah dihasilkan dari laboratorium ini telah berhasil menarik minat pengunjung, bahkan sudah menjadi produk unggulan. Sebut saja seperti nenas arnis, barbados cherry, jambu air irung petruk, jambu air toon klow, jambu air cengkih, nangkadak, cempeka dan pedakka.
Tiga jenis buah yang disebut terakhir adalah hasil persilangan antara cempedak dan nangka. Rasa dan aromanya sangat khas. Manis seperti cempedak namun bentuknya seperti nangka. Saat ini tanaman tersebut sedang dalam pengembangan. Bila tertarik untuk membeli bibitnya, bisa di dapat di Garden Center, tempat yang mengkhususkan menjual aneka bibit tanaman buah.

Paket Program Wisata
Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Mekarsari, mulai dari wisata petik buah, wisata mainan anak-anak, outbound sampai wisata pendidikan. Untuk mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut kita bisa memilih paket-paket yang telah disediakan oleh pengelola, seperti paket tur menanam, budidaya tanaman, tur berkebun, paket pelajar, paket perusahaan, perkemahan, outbound, kultur jaringan tanaman, paket hiburan dan masih banyak lagi. Semua paket-paket tersebut sengaja dibuat untuk memudahkan kita melakukan aktivitas selama berada di kebun buah tropis terbesar di dunia ini.

Bila Anda tertarik untuk mengunjungi Mekarsari, segeralah jadwalkan kunjungan Anda. Untuk lebih memberikan kenyamanan dan kepuasan, sebaiknya Anda konfirmasi terlebih dahulu melalui telepon, guna menda-patkan informasi yang cukup jelas mengenai fasilitas dan waktu yang tepat untuk berkunjung. Anda bisa menanyakan, tanaman apa saja yang sedang berbuah, karena tidak semua tanaman berbuah setiap saat secara bersamaan. Anda tentunya tidak mau kecewa dengan melihat tanaman yang ada di Mekarsari tanpa melihat buah-buah yang bergantungan.

Apalagi jika Anda berkunjung secara rombongan, tentunya harus konfirmasi terlebih dahulu agar saat berada di lokasi, Anda akan terasa lebih nyaman, dan yang pasti Anda bersama rombongan akan selalu dipandu oleh petugas lapangan sambil diberikan penjelasan tentang fasilitas yang ada

38.Wisata Gunung Gede – Pangrango (Taman Nasional Gede – Pangrango)

Gunung Gede terletak tidak terlalu jauh dari kota Jakarta maupun kota Bandung, sekitar 2,5 jam perjalanan dan bisa ditempuh baik dengan kendaraan umum (Bus) maupun kendaraan pribadi. Umumnya para pengunjung masuk dari pintu Cibodas, walaupun sebenarnya Gunung Gede memiliki beberapa alternatif pintu masuk seperti Gunung Putri, dan Selabintana (Sukabumi).

Gunung Gede - Pangrango

Berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, taman nasional ini terbentang di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 – 3.000 Meter di atas Permukaan laut. Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C dengan musim pendakian terbaik sekitar bulan Juni s/d September.

Gunung Gede - Pangrango

Gunung Gede - Pangrango

Sebuah padang edelweiss luas yang sangat indah. Berada pada ketinggian 2.750 m. dpl atau 6 jam perjalanan dari Cibodas.

39. Wisata Gunung Salak

GUNUNG Salak merupakan salah satu gunung di Jawa Barat yang menjadi tujuan para pendaki untuk ditaklukkan. Gunung Salak mempunyai pemandangan dan pesona alam yang masih asri.

gunung-salak1
 
Gunung Salak merupakan gunung berapi yang mempunyai beberapa puncak, di antaranya Puncak Salak I (2.221 m di atas permukaan laut/dpl) dan Salak II (2.180 m dpl). Ada satu puncak lagi bernama Puncak Sumbul dengan ketinggian 1.926 m dpl. Secara administratif, Gunung Salak termasuk dalam wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sejak 2003 menjadi wilayah perluasan Taman Nasional Gunung Halimun dengan nama Taman Nasional Gunung Halimun-Salak (TNGHS).
 
Gunung Salak sejak zaman dahulu sudah sering dikunjungi oleh para peziarah, karena di puncaknya terdapat patung pemujaan. Selain itu terdapat juga makam Embah Gunung Salak yang sering dikunjungi para peziarah. Sedangkan di kaki Gunung Salak banyak terdapat tempat-tempat keramat, salah satunya makam keramat yang disebut Kuil Prabu Siliwangi.
 
Pendakian sebaiknya dilakukan pada musim kemarau, karena pada musim penghujan jalur menjadi becek seperti rawa dan licin sekali. Selain itu angin seringkali bertiup kencang.
 
Sebenarnya gunung ini dapat didaki dari beberapa jalur, di antaranya jalur yang umum sering dipakai adalah jalur dari Wanawisata Cangkuang, Kec. Cidahu, Kab. Sukabumi. Dari Cangkuang ini ada dua jalur, yakni jalur lama yang menuju puncak Gunung Salak I dan jalur baru yang menuju Kawah Ratu. Jalur yang penuh dengan nuansa mistik untuk berziarah adalah jalur dari Wanawisata Curug Pilung, Desa Giri Jaya, Kecamatan Cidahu, Desa Kutajaya/Cimelati.
 
Di sekitar pintu masuk Wana Wisata ini terdapat tempat-tempat yang nyaman untuk berkemah, juga banyak terdapat warung-warung makanan. Untuk menuju ke Kawah Ratu diperlukan waktu sekitar 3-5 jam perjalanan, sedangkan untuk menuju ke puncak Gunung Salak I diperlukan waktu sekitar 8 jam.
 
Ekowisata
 
Di TNGHS terdapat beberapa potensi objek wisata alam, sejarah dan aktivitas budaya masyarakat lokal yang dapat dikembangkan menjadi paket-paket kegiatan pariwisata, khususnya kegiatan ekowisata.
 
Di antaranya:
 
Air Terjun (Curug)
 
Di antaranya Curug Cimantaja, Curug Cipamulan, Curug Cikudapaeh, Curug Citangkolo, Curug Ciberang, Curug Cileungsing , Curug Ciarnisah , dan curug-curug di dalam lokasi Taman Nasional Gunung Halimun-Salak.
 
Puncak Gunung
 
Di antaranya Gunung Halimun Utara (1.929 m dpl), Gunung Botol (1.720 m dpl), Gunung Sanggabuana (1.919 m dpl), Gunung Kendeng Selatan (1.680 m dpl), Gunung Halimun Selatan (1758 m dpl), Gunung Puncak Salak I (2.211 m dpl), dan Gunung Puncak Salak II (2190 m dpl).
 
Kawah Ratu
 
Fenomena alam yang menarik di TNGHS adalah Kawah Ratu yang berada di lereng puncak Gunung Salak I dan di tengah hutan yang relatif masih baik.
 
Bumi Perkemahan
 
Salah satu kegiatan yang dapat dikembangkan di TNGHS adalah berkemah di bumi perkemahan yang sudah tersedia sumber air dan kamar mandi. Lokasinya terdapat di Citalahab, Cikelat, Wates, Cangkuang, Sukamantri, dan Gunung Bunder.
 
Candi Cibedug
 
Candi Cibedug terletak sekitar 10 km sebelah Barat desa Citorek yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 3 jam. Situs candi yang berukuran kecil ini merupakan salah satu peninggalan kerajaan di Jawa Barat beberapa ratus tahun yang lalu.
 
Sumber Air Panas
 
Di TNGHS terdapat beberapa sumber air panas yang masih alami seperti di Cisukarame dan di Gunung Menir, maupun yang sudah dibuka sebagai tempat rekreasi, seperti di Gunung Salak Endah, Cisolok, dan Cipanas.
 
Arung Jeram
 
Perjalanan dari Sukabumi atau Cibadak menuju Palabuhanratu dan terus ke Bayah selain menyusuri bagian tenggara atau selatan TNGHS juga akan melintasi jalur wisata arung jeram (Sungai Citarik dan Sungai Citatih) serta pantai selatan yang indah seperti Pantai Karang Hawu, Karang Taraje, dan Sawarna.
 
Bagaimana, cukup seru bukan? Bagi Anda yang hobi wisata petualangan, tidak ada salahnya mencoba mendaki Gunung Salak. Selain untuk memuaskan hati, Anda juga bisa merasakan keindahan alam yang tak ternilai harganya.

(ati/”GM”/berbagai sumber)**

40.Situ Gede

situgede-1

Situ Gede adalah nama sebuah danau kecil (Sd., situ atau setu berarti telaga) yang terletak di Kelurahan Situgede, Bogor Barat, Kota Bogor.

Terletak di tepi Hutan Dramaga, yakni hutan penelitian milik Badan Litbang Kehutanan, Departemen Kehutanan, telaga yang memiliki luas sekitar 6 hektare ini merupakan tempat rekreasi harian bagi warga Bogor. Para pengunjung dapat berperahu, memancing, atau berjalan-jalan di kerimbunan hutan. Danau dan hutan ini pun kerap digunakan sebagai lokasi pembuatan film dan sinetron.

Lokasi wisata ini berada kurang lebih 10 km dari pusat Kota Bogor, atau sekitar 3 km di utara Terminal Bubulak. Situ Gede sebetulnya berdekatan, atau berada dalam satu sistem, dengan beberapa situ yang lain di dekatnya. Yakni Situ Leutik (kini sudah menghilang), Situ Panjang, dan Situ Burung. Yang terakhir ini terletak di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

Tidak berapa jauh dari danau ini terdapat Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR, Center for International Forestry Research; dan ICRAF, The World Agroforestry Center), Stasiun Klimatologi atau BMKG Dramaga dan Kampus IPB Dramaga.

41. Plaza Kapten Muslihat

Didalam Plaza Kapten Muslihat terdapat sebuah taman yang diberi nama Taman Ade Irma Suryani, sebelumnya taman ini memiliki nama Taman Kebon Kembang tempat orang berwisata, namun pada tahun 1980-an taman ini berubah fungsi menjadi terminal angkutan kota karena letaknya yang strategis di muka Stasiun Bogor. Terminal tersebut kemudian direnovasi menjadi Plaza Kapten Muslihat yang mengusung konsep Bangunan berbentuk Topi, sehingga masyarakat pun menyebutnya dengan Taman Topi. Pada saat itu Plaza Kapten Muslihat merupakan salah satu alternatif tempat berwisata sebelum ledakan mal dan plaza melanda Bogor. Taman topi dilengkapi berbagai wahana permainan namun pada sejak tahun 1994 sampai saat ini (tahun 2007) tempat ini menjadi tidak terawat baik karena dikepung oleh pedagang kaki lima dan angkutan kota. Didalamnya juga terdapat pula Pusat Informasi Kepariwisataan atau Tourist Information Centre. Lokasi di jl. Kapt. Muslihat no. 51 Telp. (0251)345092.

Kapten Muslihat Plaza is known as hat garden because the buildings shaped like a hat. This place is a public recreation facilitated with kids playground, gift shops and restaurant. There is Tourist Information Centre in this area. Located on Jl. Kapt. Muslihat No. 51 Phone. (0251)345092.

plazakaptenmuslihat-5

42.  The Jungleland (Wahana rekreasi baru di sentul Bogor)

BANNER WEB(1)

Jungleland, Dunia Petualangan Seru!

Terletak di Kawasan Sentul Nirwana, Sentul City – Bogor, Jungleland Adventure Theme Park memiliki luas area 35ha dengan lebih dari 41 wahana dan atraksi yang bisa dinikmati setiap harinya.

Hingga kini, Jungleland Adventure Theme Park masih merupakan yang terbesar di Indonesia. Jungleland bukan hanya menyediakan beragam wahana untuk segala umur dengan masing-masing konsepnya yang unik, akan tetapi juga menyediakan ribuan menu kuliner dari berbagai kafe dan resto dengan sensasi kemewahan untuk Anda dan keluarga tercinta.

Selain itu Jungleland Adventure Theme Park juga dilengkapi dengan fasilitas area parkir yang sangat luas, yang dapat menampung 1000 mobil dan 3000 motor, serta 300 bus pariwisata. Berlatar belakang Gunung Pancar, Jungleland Adventure Theme Park mengajak Anda dan keluarga tercinta untuk segera menikmati Dunia Petualangan Seru.

Jungleland, Adventure Theme Park:

  • Memiliki lahan yang luas, 35ha
  • Memiliki 4 zona dengan konsep yang unik dan berbeda satu sama lainnya
  • Memiliki Science Centre terbesar dan terlengkap di Indonesia
  • Lokasi strategis
  • Variasi permainan yang lengkap untuk segala usia
  • Harga tiket yang terjangkau

Jam Operasional dan Fasilitas yang ada di Jungleland

Setiap hari, dari pukul 10.00 – 18.00 WIB dan selama Holiday Season (16 Juni 2013 s/d 7 Juli 2013) dibuka 1 jam lebih awal 09.00 – 18.00

  • Kafe & Resto
  • Musholla
  • ATM
  • P3K dan Ruang Menyusui
  • Loker
  • Kursi Roda atau Stroller
  • Parkir Luas
  • Shuttle Bus

HOT RIDE!

Bukankah T-Rex, Brontosaurus dan Pterodactyl itu sudah punah jutaan yang lalu? Tapi kenapa dinosaurus-dinosaurus itu kini masih bernafas dan bersuara?

Temukan jawabannya di Wahana Ekspedisi Pra Sejarah! Pertama di Indonesia yang bisa memberimu pengalaman seru ke jutaan tahun yang lalu. Awali serumu dengan mengendarai jeep terbuka di lintasan sepanjang 265 meter dan dapatkan petualangan nyata bersama 23 dinosaurus di habitat aslinya! Dinosaurus terbanyak di Asia Tenggara yang ada dalam satu Adventure Theme Park!

Jungleland Adventure Theme Park, masuki dunia seru petualanganmu dan nikmati hari-hari penuh keceriaan!

ROBOT ZOO

Sebagai bagian dari persiapan Science Centre, Jungleland Adventure Theme Park menyelenggarakan Science Exhibition dengan tema utama adalah “ROBOT ZOO”, yang dimulai dari April hingga Juni 2013 dan bekerjasama dengan pihak Science Centre Singapore, dengan dukungan dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Di pameran ROBOT ZOO pertama di Indonesia ini, para pengunjung bisa belajar langsung sains dan teknologi robot-robot yang bergerak dan juga interaktif!

Ada banyak robot yang akan mengisi di ROBOT ZOO, sebut saja Robot Belalang, Robot Jerapah, Robot Kelelawar, Robot Badak dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu saja, para pengunjung juga bisa belajar sains-sains sederhana, seperti: elektromagnet, percepatan, cara membuat sabun dan masih banyak lagi.

Wahana Jungleland Adventure Theme Park:

600x432xpetaJungleland-1024x738.jpg.pagespeed.ic.98LXBnqpbv

ALAMAT JUNGLELAND

Jungleland Boulevard

Kawasan Sentul Nirwana – Bogor 16810

Telephone : (021) 29 311 313

email : customer.service@jungleland.co.id

Jungleland Adventure Theme Park berada di Kawasan Sentul Nirwana, Sentul City – Bogor. Terletak di kaki Gunung Pancar, Jungleland Adventure Theme Park dapat dicapai melalui Tol Jagorawi, baik dari arah Jakarta atau Ciawi – Bogor, pintu tol Sentul City atau Sentul Selatan di kilometer 36 atau melalui Tol BORR dan keluar di pintu tol Sentul City.

600x370xJungleland_access-1024x632.jpg.pagespeed.ic.G4bkrsiGNC

Jika menggunakan kendaraan Pribadi

  • Dari arah Jakarta dapat melalui Tol Jagorawi dan keluar melalui pintu tol Sentul City. Dari pintu Tol Sentul City, belok kiri lurus dan tinggal mengikuti petunjuk yang sudah ada. Atau dapat melalui jalur alternatif yaitu keluar pintu tol Sirkuit Sentul, belok kanan mengikuti jalan Babakan Madang, ikuti lurus sehingga sampai di kawasan Sentul Nirwana.
  • Dari arah Jakarta, bisa melalui jalan alternatif Citereup. Lurus ke arah Sentul City hingga melewati pasar babakan madang dan akan memasuki kawasan Sentul Nirwana.
  • Dari arah Ciawi bisa melalui Tol Jagorawi dan keluar melalui pintu tol Sentul City. Dari pintu Tol Sentul City belok kiri lurus dan cukup mengikuti petunjuk yang ada.

Jika Menggunakan Kendaraan Umum

  • Dari Bogor/Botani naik Trans Pakuan tujuan Bellanova. Dari Bellanova bisa dengan menggunakan jasa layanan transportasi lainnya.
  • Dari Cibubur naik angkutan umum (angkot T-05) jurusan Bubulak Laladon – Sentul dan turun di Bellanova, dari Bellanova bisa melanjutkan dengan menggunakan layanan transportasi lainnya.
  • Dari BORR naik angkutan umum (angkot T-05) jurusan Bubulak Laladon – Sentul dan turun di Bellanova, dari Bellanova bisa melanjutkan dengan menggunakan layanan transportasi lainnya.

600x432xpetaJungleland-1024x738.jpg.pagespeed.ic.98LXBnqpbv

v

43. KAMPOENG BAMBOE BOGOR

Kampoeng Bamboe adalah salah satu lokasi tujuan wisata untuk berlibur, bermain dan belajar dengan nuansa pedesaan di wilayah Bogor Jawa Barat. Akses menuju kawasan ini hanya berjarak 18 KM dari pintu Tol Bogor. Kampoeng Bamboe melayani berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan satu hari (tidak menginap, pagi s/d sore) atau menginap. Lokasi ini cocok bagi acara keluarga, sekolah, universitas, organisasi juga acara perkantoran. Pemilihan lokasi Kampoeng Bamboe yang diapit oleh dua gunung, yaitu gunung Pangrango dan gunung Salak akan memberikan pengalaman panorama indah serta mengesankan. Kami menata lingkungan Kampoeng Bamboe secara asri dalam nuansa pedesaan dengan hamparan sawah dan kebun yang menghijau. Suara saut menyaut hewan ternak, burung dan hewan lain yang hidup dipedesaan. Gemericik air mengalir dari pegunungan mengiringi liukan ikan-ikan di kolam perikanan dan kolam pancing. Hembusan semilir angin dalam balutan udara segar diharapkan dapat menciptakan kenyamanan, ketenangan, kesegaran dan kebahagiaan bagi anda yang mengunjungi lokasi Kampoeng Bamboe ini .

2507_panorama-1-850x567

2512_panorama-4-850x567

2520_panorama-9-850x567

2521_panorama-8-850x567

2523_panorama-6-850x567

2528_panorama-13-850x567

2529_panorama-12-850x567

2549_kolam-renang-2-687x458

2550_kolam-renang-3-687x458

2552_kolam-renang-4-687x458

 

2553_kolam-renang-5-687x458

2792_water-slide-1-680x453

2797_water-slide-3-680x453

2864_paint-ball-dibalik-mobil-960x440 

Peta lokasi

peta-kreatif-kampoeng-bamboe-1

untuk informasi lebih jelasnya silahkan kunjungi official websitenya http://kampoengbamboe.com/ 

   

 

21 thoughts on “Daftar Objek Wisata kota Bogor

  1. Ping-balik: wisata | All About K-Pop's Reviews!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s